Mengetahui Perubahan Wujud Zat yakni Padat, Cair, dan Gas

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Mengetahui Perubahan Wujud Benda yakni Padat, Cair, dan Gas
disimak baik-baik ya…

Pengertian Perubahan Wujud Benda

Yang dimaksud dengan perubahan wujud zat adalah terjadinya perubahan pada suatu zat menjadi wujud lain dari sebelumnya, baik perubahan ukuran, bentuk, warna, aroma bahkan bau. Proses perubahan wujud ini dapat terjadi dengn berbagai cara dan ada yang prosesnya dapat diamati oleh mata manusia secara langsung maupun tidak dapat diamati tanpa menggunakan alat bantu seperti mikroskop, kaca pembesar, dan lain sebaginya. Secara umum, terdapat 3 wujud suatu benda dapat diklasifikasikan yakni padat, cair dan gas.

 

Penggolongan Wujud Zat
1. Zat Padat
Zat Padat adalah keadaan di mana materi mempertahankan volume dan bentuk yang tetap
2. Zat Cair
Zat cair adalah keadaan di mana materi menyesuaikan dengan bentuk wadahnya tapi hanya berbeda sedikit dalam volume
3. Zat Gas
Zat gas adalah keadaan di mana materi mengembang untuk menempati volume dan bentuk wadahnya

BACA:  Jangka Sorong: Sejarah, Bagian-Bagian, Cara Pembacaan dan Fungsinya

Macam-Macam Perubahan Wujud Zat
1. Mencair
Mencair adalah bentuk perubahan wujud yang terjadi pada benda padat menjadi benda cair. Dalam peristiwa ini zat memerlukan energi panas. Contoh peristiwa mencair yaitu pada batu es yang berubah menjadi air, lilin yang dipanaskan, dan es krim yang dibiarkan di ruang terbuka, akan mencair dengan sendirinya.
2. Membeku
Membeku adalah bentuk perubahan wujud yang terjadi pada benda cair menjadi benda padat. Dalam peristiwa ini zat melepaskan energi panas. Contoh peristiwa membeku yaitu air yang dimasukkan dalam freezer
3. Menguap
Menguap adalah bentuk perubahan wujud yang terjadi pada benda cair menjadi zat gas. Dalam peristiwa ini zat memerlukan energi panas. Contohnya air yang direbus jika dibiarkan lama-kelamaan akan habis, bensin yang dibiarkan berada pada tempat terbuka lama-lama juga akan habis berubah menjadi gas.
4. Mengembun
Mengembun adalah bentuk perubahan wujud yang terjadi pada benda gas menjadi benda cair. Dalam peristiwa ini zat melepaskan energi panas. Contoh mengembun adalah ketika kita menyimpan es batu dalam sebuah gelas maka bagian luar gelas akan basah, atau rumput di lapangan pada pagi hari menjadi basah padahal sore harinya tidak hujan.
5. Menyublim
Menyublim adalah bentuk perubahan wujud yang terjadi pada benda padat menjadi material gas. Dalam peristiwa ini zat memerlukan energi panas. Contoh menyublim yaitu pada kapur barus atau kamper yang disimpan pada lemari pakaian lama-lama akan habis.
6. Mengkristal
Mengkristal adalah bentuk perubahan wujud yang terjadi pada material gas menjadi material yang lebih padat. Dalam peristiwa ini zat melepaskan energi panas. Contoh mengkristal adalah pada peristiwa berubahnya uap menjadi salju.

BACA:  Mengenal Pengertian dan Jenis-Jenis Hujan dalam Kehidupan Manusia

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Mengetahui Perubahan Wujud Benda yakni Padat, Cair, dan Gas
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET