Sejarah dan Pengertian Hukum Archimedes

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Sejarah dan Pengertian Hukum Archimedes
disimak baik-baik ya…

 

Sejarah Hukum Archimedes
Archimedes dari Sirakusa (bahasa Yunani Kuno: Ἀρχιμήδης ὁ Συρακόσιος translit. Arkhimḗdēs ho Surākósios har. “Arkhimedes dari Sirakusa”; sekitar 287 SM–212 SM) adalah seorang matematikawan, fisikawan, insinyur, astronom, dan penemu asal Yunani yang terkenal. Ia belajar di kota Alexandria, Mesir. Archimedes adalah seorang matematikawan, astronom, filsuf, fisikawan, dan insinyur berbangsa Yunani.

Archimedes mulai dikenal orang setelah ia mendapat perintah dari Raja Hiero II yang tidak lain adalah sahabat Archimedes untuk membuktikan kemurnian emas mahkota milik sang raja. Entah iseng atau memang raja itu ingin mengetahui kehebatan Archimedes.

BACA:  Persamaam Ciri Nautilus Pompilius dan Pila Ampullacea Pilidae

Ia berpikir keras untuk mendapatkan solusi masalah ini. Disaat kebingungannya memuncak karena belum juga mendapatkan cara untuk membuktikan kemurnian emas, Archimedes malah memilih lalu menceburkan dirinya ke dalam bak mandi.

Berbekal hipotesisnya selepas mandi Archimedes lalu memasukkan mahkota ke dalam air. Perubahan volume air akibat masuknya mahkota tersebut lalu dijadikan dasar untuk menentukan massa jenis. Kemudian dia membagi massa mahkota dengan besarnya perubahan volume air.

Massa jenis yang ia dapat dari hasil percobaan itu lalu disamakan dengan massa jenis emas murni. Archimedes memasukkan mahkota dan emas murni ke dalam air dengan volume sama. Air yang terpindahkan oleh emas dengan mahkota seharusnya sama tetapi nyatanya terdapat perbedaan sehingga diperoleh kesimpulan emas yang ada di mahkota raja ternyata bukanlah emas murni, tetapi campuran.

 
BACA:  Pengertian dan Fungsi dari Zona Ekonomi Ekslusif

Pengertian Hukum Archimedes
Hukum archimedes berbunyi “suatu benda yang dicelupkan sebagian atau seluruhnya ke dalam zat cair akan mengalami gaya ke atas yang sama dengan berat zat cair yang dipindahkannya”

Prinsip Archimedes adalah hukum fisika yang mendasar bagi ilmu mekanika fluida. Prinsip Archimedes menyatakan bahwa gaya apung ke atas yang diberikan pada benda yang direndam dalam cairan, baik yang terendam seluruhnya atau sebagian, sama dengan berat cairan yang dipindahkan benda tersebut dan bekerja dalam arah ke atas di pusat massa dari cairan yang dipindahkan.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Sejarah dan Pengertian Hukum Archimedes
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET