Mengetahui Siklus Daur Hidup Katak dari Telur hingga Dewasa

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Mengetahui Siklus Daur Hidup Katak dari telur hingga Dewasa
disimak baik-baik ya…

 

Katak adalah salah satu hewan amfibi atau hewan yang dapat hidup di dua alam, yaitu darat dan air, dan merupakan hewan karivora atau pemakan serangga, mulai dari nyamuk, jangkrik, laba-laba, ataupun rayap.

Katak berkebangbiar dengan bertelur, katak mempunyai tekstur kulit yang lebih licin dan berwarna coklat ataupun hijau. Katak juga mempunyai kaki yang lebih panjang sehingga mampu melompat lebih jauh.

Katak merupakan hewan yang bisa hidup di tempat yang memiliki kelembaban yang tinggi serta suhu yang panas sehingga Katak termasuk hewan yang mudah ditemukan di wilayah Indonesia.. Oleh karena itu, Indonesia merupakan salah satu tempat yang cocok untuk katak.

BACA:  Pengertian, Komposisi dan Fungsi Darah Pada Manusia

Daur Hidup Katak
Fase hidup katak atau metamorfosis katak tergolong cukup unik. Hal tersebut terjadi karena katak kecil hidup di dalam air dengan menggunakan insang, tetapi ketika dewasa, insang yang ada pada katak akan hilang dan tergantikan dengan paru-paru.

Secara garis besar, berikut 4 fase daur hidup katak sebagai berikut :
1. Telur Katak
Proses daur hidup katak dimulai dari telur terlebih dahulu. Di dalam tahap ini, katak bisa menghasilkan telur hingga 20.000 telur. Biasanya, katak akan mengeluarkan telur tersebut di dalam air. Umumnya telur katak akan menetas saat usianya mencapai satu hingga tiga minggu. Akan tetapi, dari sekian banyak telur katak yang dikeluarkan, tidak semuanya akan berhasil menetas secara sempurna.

 
BACA:  Faktor Penyebab Lenyapnya Peradaban Lembah Sungai Indus

2. Kecebong atau Berudu
Kecebong merupakan fase kedua dalam daur hidup katak setelah telur menetas. Kecebong atau yang biasa disebut berudu ini mempunyai insang yang digunakan untuk hidup di dalam air. Insang tersebut akan muncul pada tubuh kecebong setelah dua hari menetas dari telur. Selama menjadi berudu, mereka hanya memakan alga dan tumbuhan yang ada di dalam air saja.

3. Katak Muda
katak muda juga hidup di dalam air dengan menggunakan insangnya. Katak kecil ini biasanya berburu makanan seperti jangkrik. Setelah sudah tiga minggu menjadi katak muda, kulit mereka akan tumbuh dan menutupi insang. Kemudian pada minggu ke 12, jari-jari kaki pada katak akan mulai tumbuh dan terbentuk sempurna, ekor belakang semakin memendek, insang sudah tergantikan oleh paru-paru.

BACA:  Perbedaan Senyawa Kimia Organik dan Anorganik

4. Katak Dewasa
Ini merupakan fase terakhir dari daur hidup katak. Saat katak sudah menjadi katak yang sempurna atau katak dewasa, mereka akan lebih sering menghabiskan hidupnya di darat. Katak dewasa mempunyai kulit yang sedikit licin, berwarna hijau, dan kecoklatan. Kaki bagian belakang katak mempunyai ukuran yang lebih panjang. Sehingga memudahkan mereka saat melompat ataupun berenang.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal :
Mengetahui Siklus Daur Hidup Katak dari Bertelur hingga Dewasa
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

 

BACA JUGA:

© 2024 GURULESPRIVAT.NET