Jenis-Jenis Lapisan Tanah Meliputi Tingkatan dan Komponennya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Jenis-Jenis Lapisan Tanah Meliputi Tingkatan dan Komponennya
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Lapisan Tanah
Lapisan pada tanah adalah lapisan yang terbuat dari tingkatan tanah yang secara spesifik dapat dibedakan secara geologi, kimia, dan biologi, termasuk proses pembentukannya.

Ketika usia tanah meningkat, lapisan tanah umumnya lebih mudah untuk diamati dan apabila sebuah tanah dipotong secara vertikal dari samping maka bentuk lapisan tanah akan terlihat jelas karena pada tingkat atau lapisan memang memiliki perbedaan karakteristiknya.

Tingkatan Lapisan Tanah
Lapisan tanah secara umum terbagi menjadi 4 tingkatan, yakni:

1. Lapisan Tanah Atas
Merupakan sebuah lapisan yang berada kedalaman 30 cm, seringkali disebut sebagai istilah Top Soil. Pada lapisan ini banyak sekali bahan bahan organik, humus dan juga menghasilkan lapisan yang paling subur sehingga sangat cocok untuk tumbuhan tanaman akar pendek.

BACA:  Pengertian dan Penyebab Terjadinya Abrasi Pantai

2. Lapisan Tanah Tengah
Lapisan Tanah Tengah berada tepat di lapisan bawah setelah top soil dengan ketebalan 50 cm hingga 1 meter. Berwarna lebih yang cerah dibanding lapisan di atasnya juga lapisan ini terbentuk dari campuran pelapukan yang berada di lapisan bawah dengan sisa dari material top soil yang terbawa air, mengendap sehingga bisa bersifat lebih padat dan juga seringkali disebut sebagai tanah liat.

 

3. Lapisan Tanah Bawah
Lapisan Tanah Bawah berisi banyak batuan yang mulai melapuk dan telah tercampur dengan tanah endapan dengan lapisan diatasnya. Pada lapisan ini masih terdapat banyak batuan yang belum melapuk dan juga sebagian sudah pada proses pelapukan dari batuan itu sendiri dan memiliki warna sama dengan pada batuan penyusunnya. Berada cukup di dalam dan jarang sekali bisa ditembus oleh akar pohon maupun tanaman.

4. Lapisan Batuan Induk
Lapisan ini merupakan lapisan terdalam yang terdiri dari batuan padat. Jenis pada batuan di lapisan ini memiliki perbedaan di antara satu daerah maupun tempat lainnya sehingga bisa mengakibatkan produk dari tanah yang dihasilkan juga akan berbeda.

BACA:  Pengertian Parafrasa Meliputi Ciri-Ciri dan Teknik Penulisnya

Komponen Penyusun Tanah
Adapun komponen penyusun tanah terdiri dari:

1. Batuan
Batuan merupakan suatu bahan padat yang terbuat secara alami serta juga terdiri atas campuran mineral dan senyawa lainnya dengan berbagai komposisi.

 

2. Udara
Udara adalah sebuah zat bebas yang seringkali kita temui dimana saja, serta di dalam tanah. Karena udara bisa menempati ruang yang sama dengan air, ia bisa membentuk sekitar 2% hingga mencapai 50% dari volume tanah.

3. Humus
Humus merupakan komponen yang sering ditemukan di tanah yang terletak pada tingkat sekitar 1% hingga 5%. Humus sendiri berasal dari tumbuhan dan juga hewan yang mati.

4. Air
Air bisa membuat sekitar 2% hingga 50% dari volume tanah. Air menjadi sebuah peran penting untuk mengangkut nutrisi ke dalam tanaman juga organisme tanah yang tumbuh serta juga untuk memfasilitasi dekomposisi biologis serta kimia.

BACA:  Pengertian, Fungsi, dan Anatomi Hati Manusia

5. Mineral
Mineral menjadi komponen terbesar dari tanah. Mineral tanah ini terbagi dua jenis mineral. Pertama, mineral primer yang biasanya ditemukan pada pasir dan danau. Kedua, minera sekunder, sisi lain dari pelapukan mineral primer yang melepaskan ion penting, membentuk bentuk mineral lebih stabil seperti tanah liat.

6. Mikroorganisme
Komponen terakhir dari lapisan tanah ini adalah mikroorganisme. Mereka ditemukan di dalam lapisan tanah dengan jumlah yang tinggi namun jumlahnya kurang dari 1% dari volume tanah.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Jenis-Jenis Lapisan Tanah Meliputi Tingkatan dan Komponennya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2023 GURULESPRIVAT.NET