Mengenal Benua Eropa Meliputi Letak Geografis dan Astronomisnya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Mengenal Benua Eropa Meliputi Letak Geografis dan Astronomisnya
disimak baik-baik ya…

 

Benua eropa adalah benua terkecil kedua setelah Australia dengan luas 10.355.000 km² sedangkan bila dihitung dari populasinya, benua ini terletak di urutan ketiga dengan populasi terbanyak (di bawah Asia, dan Afrika) dengan 742,5 juta jiwa pada tahun 2013 atau sama dengan seperdelapan penduduk dunia.

Eropa merupakan sebuah semenanjung besar yang membentang dari badan utama Eurasia ke arah barat, yang dinamai berdasarkan daratan yang terdiri atas Asia dan Eropa.

Letak Astronomis
Benua Eropa terletak pada letak astronomis 35° Lintang Utara – 71°06′ Lintang Utara dan 9°27′ Bujur Barat – 66°20′ Bujur Timur. Dikarenakan meridian pertamanya yang berada pada nol derajat, terdapat perubahan arah dari panjang barat ke timur.

BACA:  Pengertian Majas Perbandingan dan Jenis-Jenisnya

Pada belahan Bumi utara dan wilayah barat serta timur, di sanalah Eropa terletak. Sebagai benua terkecil kedua di dunia, Eropa mencakup area yang empat kali lebih kecil daripada Asia atau Amerika dan tiga kali lebih kecil dari Afrika, yakni 10 juta kilometer persegi. Meski begitu, Eropa merupakan benua terkaya di dunia dan punya 47 negara.

Letak Geografis
Secara geografi Eropa merupakan bagian dari daratan yang lebih besar dikenal sebagai Eurasia. Benua ini mulai dari Pegunungan Ural di Rusia, yang menggambarkan batasan timur Eropa dengan Asia.

 

Batasan tenggara dengan Asia tidak tergambarkan secara jelas. Paling umum adalah Sungai Ural atau Sungai Emba. Batasan berlanjut dengan Laut Kaspia, dan kemudian Pegunungan Kaukasus, atau Depresi Kuma-Manych, dan sampai ke Laut Hitam; Bosporus, Laut Marmara, dan Dardanelles mengakhiri batasan Asia. Laut Mediterania di selatan memisahkan Eropa dari Afrika. Batasan di bagian barat adalah Samudra Atlantik.

BACA:  Mengetahui Pengertian istilah "Renaisans Sumeria"

Hampir seluruh negara-negara Eropa adalah anggota dari Konsil Eropa, dengan pengecualian Belarus, dan Takhta Suci (Kota Vatikan).

Eropa memiliki perkumpulan negara-negara Eropa yang dikenal sebagai Uni Eropa yang sekarang ini memiliki 27 negara anggota, dan masih terus berkembang.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Mengenal Benua Eropa Meliputi Letak Geografis dan Astronomisnya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

 

BACA JUGA:

© 2023 GURULESPRIVAT.NET