Pengertian Gaya Gesek Meliputi Asal dan Jenisnya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian Gaya Gesek Meliputi Asal dan Jenisnya
disimak baik-baik ya…

Pengertian Gaya Gesek

Gaya gesek adalah gaya yang berarah melawan gerak benda atau arah kecenderungan benda bergerak. Gaya gesek muncul apabila dua buah benda bersentuhan. Benda-benda yang dimaksud di sini tidak harus berbentuk padat, melainkan dapat pula berbentuk cair, ataupun gas. Gaya gesek antara dua buah benda padat misalnya adalah gaya gesek statis dan kinetis, sedangkan gaya antara benda padat dan cairan serta gas adalah gaya Stokes.

 

Mengutip dari buku yang berjudul General Science (Biology, Chemistry, Physics), Definisi lain dari gaya gesek adalah gaya yang melawan gerak benda pada suatu permukaan. Berdasarkan interpretasi tersebut, setidaknya ada beberapa sifat gesekan antara lain:

  1. Rumus gesekan tidak dapat menggerakkan hewan.
  2. Besarnya gaya gesek yang kuat tergantung pada kekasaran kedua benda yang saling bergesekan.
  3. Arah gesekan selalu berlawanan arah. Dengan demikian, gaya gesekan akan menghambat gerak benda.
  4. Rumus gesekan selalu dipengaruhi oleh arah gerak benda. Memang, gaya gesekan adalah gaya terarah yang menentang gerakan benda.
BACA:  Sistem Pertahanan dan Keamanan yang Dikembangkan oleh Negara Indonesia


Asal Gaya Gesek

Gaya gesek merupakan akumulasi interaksi mikro antar kedua permukaan yang saling bersentuhan. Gaya-gaya yang bekerja antara lain adalah gaya elektrostatik pada masing-masing permukaan.

Dulu diyakini bahwa permukaan yang halus akan menyebabkan gaya gesek (atau tepatnya koefisien gaya gesek) menjadi lebih kecil nilainya dibandingkan dengan permukaan yang kasar, akan tetapi pada masa kini tidak lagi demikian. Konstruksi mikro (nano tepatnya) pada permukaan benda dapat menyebabkan gesekan menjadi minimum, bahkan cairan tidak lagi dapat membasahinya (efek lotus).

Jenis-Jenis Gaya Gesek
Berikut ini adalah jenis-jenis gaya gesek:

1. Gaya gesek statis
Gaya gesek statis adalah gesekan antara dua benda padat yang tidak bergerak relatif satu sama lainnya. Seperti contoh, gesekan statis dapat mencegah benda meluncur ke bawah pada bidang miring. Koefisien gesek statis umumnya dinotasikan dengan μs, dan pada umumnya lebih besar dari koefisien gesek kinetis.

 
BACA:  Mengapa Penurunan Tekanan Darah Bisa Menyebabkan Gagal Jantung?

2. Gaya gesek kinetis
Gaya gesek kinetis (atau dinamis) terjadi ketika dua benda bergerak relatif satu sama lainnya dan saling bergesekan. Koefisien gesek kinetis umumnya dinotasikan dengan μk dan pada umumnya selalu lebih kecil dari gaya gesek statis untuk material yang sama.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian Gaya Gesek Meliputi Asal dan Jenisnya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET