Ketahui : Apa yang dimaksud dengan Tekanan Osmotik

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Apa yang dimaksud dengan Tekanan Osmotik
disimak baik-baik ya…

 

Tekanan Osmotik

Tekanan osmotik adalah tekanan yang dibutuhkan untuk mempertahankan kesetimbangan osmotik antara suatu larutan dan pelarut murninya yang dipisahkan oleh suatu membran semipermeabel yang dapat ditembus hanya oleh pelarut tersebut. Dengan kata lain, tekanan osmotik adalah tekanan yang diperlukan untuk menghentikan osmosis.

Osmosis adalah peristiwa difusi atau perpindahan pelarut dari suatu larutan yang lebih encer atau pelarut murni ke larutan yang lebih pekat melalui membran semipermeabel yang hanya dapat ditembus oleh pelarut tersebut.

Tekanan osmotik adalah tekanan hidrostatik yang terbentuk dalam larutan yang lebih pekat saat osmosis terjadi. Tekanan osmotik inilah yang akan mempertahankan kesetimbangan osmotik antara suatu larutan dan pelarut murninya yang dipisahkan oleh membran semipermeabel.  Tekanan osmotik ini merupakan salah satu sifat koligatif larutan.

BACA:  Perbedaan dan Hubungan Rotasi Bumi dan Revolusi Bumi

Menghitung Tekanan Osmotik

 

Tekanan osmotik dilambangkan dengan tanda π. Nilai π dari suatu larutan dapat dihitung menggunakan persamaan van’t Hoff seperti berikut.

Rumus Tekanan Osmotik
πV = n.R.T
π = n/V.R.T
π = M.R.T
M = n/V

Keterangan:
π = Tekanan osmotik (atm atau Pa)
V = Volume larutan (L atau dm³)
n = Mol zat terlarut (mol)
R = 0,082 L atm/mol K = 8,314 m³ Pa/mol K
T = Suhu
M = Kemolaran larutan

Penghitungan tekanan osmotik digunakan untuk menentukan massa relatif suatu molekul. Selain itu, tekanan osmotik juga cukup memengaruhi sel. Osmoregulasi merupakan mekanisme homeostatis dari organisme untuk mencapai tekanan osmotik yang setimbang.

 

Tekanan osmotik juga merupakan dasar dari salah satu metode penyaringan air yang disebut osmosis terbalik (reverse osmosis). Metode ini dilakukan dengan menempatkan air ke dalam sebuah tangki kemudian memberikannya tekanan. Tekanan yang diberikan lebih besar daripada tekanan osmotik air dan zat terlarutnya. Beberapa bagian dalam tangki kemudian dibuka untuk mengalirkan molekul air, namun tidak dengan partikel terlarutnya.

BACA:  Mengenal Perbedaan Virus dengan Bakteri

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Apa yang dimaksud dengan Tekanan Osmotik
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET