Kondisi Bentang Alam di Dataran Rendah

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Bagaimana Kondisi Bentang Alam di Dataran Rendah
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Daratan Rendah
Dataran rendah adalah suatu hamparan tanah lapang yang luas dengan tingkat ketinggian yang di ukur dari permukaan laut adalah relatif rendah yaitu tidak lebih dari 200 meter di atas permukaan laut.

Dataran rendah merupakan wilayah yang sering dijadikan tempat tinggal bagi sebagian masyarakat Indonesia, karena suhu di dataran rendah cukup nyaman karena tidak terlalu dingin seperti di dataran tinggi, dan tidak terlalu panas seperti di pesisir.

Pengertian Bentang Alam

Bentang alam adalah suatu bagian geografi yang menjadi pemandangan alam atau daerah di permukaan bumi yang merupakan satu kesatuan. Ada beberapa jenis bentang alam seperti gunung, lautan, pulau, bukit, pantai, dan sebagainya yang tersebar dseluruh muka bumi.

BACA:  Karakteristik Matahari dan Urutan Lapisannnya

Kondisi Bentang Alam di Dataran Rendah
Bentang alam wilayah Indonesia menurut struktur wilayah dataran terdiri dari wilayah dataran rendah, dataran tinggi dan pegunungan. Adapun Karakteristik bentang alam di dataran rendah adalah sebagai berikut:
1. Lokasi dari dataran rendah berada pada ketinggian 0-200 meter di atas permukaan laut. Memiliki keadaan alam dengan dataran yang datar dan juga rata, membuat dataran rendah kerap dijadikan tempat pembangunan industri dan juga pemukiman warga.
2. Dataran rendah memiliki suhu yang yang normal, artinya tidak terlalu panas namun juga tidak terlalu dingin.
3. Daerah dataran rendah memiliki permukaan yang lapang, datar, landai dan juga rata. Dataran rendah sering kali ditemui di dekat pantai.
4. Sumber daya alam yang paling umum ditemukan pada dataran rendah adalah pertanian.
5. Dataran rendah memiliki tanah yang bagus dan kondisi yang baik, sehingga tidak heran bahwa terdapat berbagai macam tumbuhan yang tumbuh dengan subur.
6. Pada umumnya dataran rendah berada di dekat pantai namun terdapat juga di daerah pedalaman.
7. Dataran rendah terjadi akibat proses sedimentasi.
8. Memiliki tekanan udara yang tinggi dibandingkan dataran tinggi.
9. Dataran rendah bermanfaat sebagai pusat aktivitas penduduk, seperti pusat pemerintahan, pusat komunikasi, pusat pendidikan, perkantoran dan pusat industri.

BACA:  Pengertian Penyerbukan Pada Tumbuhan dan Jenis-Jenisnya

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Bagaimana Kondisi Bentang Alam di Dataran Rendah
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET