Contoh Teks Eksplanasi Tertema Tanah Longsor

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Contoh Teks Eksplanasi Tertema Tanah Longsor
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Teks Eksplanasi
Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan suatu fenomena atau peristiwa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari baik fenomena alam maupun fenomena sosial. Tanah longsor, gempa bumi, gunung meletus, kebakaran hutan, proses terbentuknya pelangi adalah contoh teks eklplanasi fenomena alam dan aksi demonstrasi, tawuran, peperangan contoh teks eklplanasi fenomena sosial.

Tujuan Teks Ekspllanasi
Teks eksplanasi bertujuan untuk memberikan pemahaman dan wawasan secara jelas kepada pembaca mengenai sebuah peristiwa yag terjadi secara detail. Dalam teks eksplanasi harus memuat hubungan sebab akibat dan proses terjadinya peristiwa tersebut.

BACA:  Bagian Tubuh Hewan Katak dan Fungsinya

BACA: Pengertian, Struktur dan Tujuan Teks Eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi Tertema Tanah Longsor

Tanah longsor adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan masa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah.

Tanah longsor atau amblas secara garis besar bisa terjadi karena dua faktor yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu. Faktor pendorong merupakan faktor yang mempengaruhi kondisi material sendiri, sedangkan faktor pemicu adalah faktor penyebab bergeraknya material tersebut. Meskipun penyebab utama kejadian ini adalah gravitasi yang memengaruhi suatu lereng yang curam, namun ada pula faktor-faktor lainnya yang turut berpengaruh seperti erosi, lereng dari bebatuan dan tanah yang diperlemah melalui saturasi yang diakibatkan hujan lebat, dan gunung berapi yang menciptakan simpanan debu yang lengang, hujan lebat dan aliran debu-debu.

 
BACA:  Ketahui: Pengertian dan Sejarah Gaya elektromagnetik

Di Indonesia sendiri peristiwa ini hampir sering terjadi. Kebanyakan disebabkan oleh gempa sehingga menggerakkan lempeng bawah tanah sehingga mengakibatkan elemen atau lempeng bawah permukaan menjadi tergeser sehingga menimbulkan pecahan dan terjadinya longsor. Ada banyak hal lagi yang bisa memicu dan menyebabkan terjadinya kelongsoran. Baik itu diakibatkan oleh alam atau karena ulah manusia itu sendiri, diantaranya Tingginya curah hujan, jika musim penghujan dengan durasi lama maka akan terjadi penguapan air di permukaan tanah dalam jumlah besar. Setelah penguapan maka akan muncul pori-pori atau rongga tanah, kemudian terjadi retakan di permukaan, saat hujan air akan menyusup ke bagian yang retak lalu air akan masuk sehingga terakumulasi di bagian dasar lereng, lalu menimbulkan gerakan lateral kemudian terjadilah longsor.

BACA:  Pengertian, Fungsi dan Contoh Norma Hukum dalam Kehidupan Masyarakat

Untuk mencegah tanah longsor bisa dilakukan, seperti tidak membuat kolam atau sawah diatas lereng, tidak mendirikan rumah di bawah tebing, jangan menebang pohon di sekitar lereng, jangan memotong tebing secara tegak lurus, dan tidak mendirikan bangunan di sekitar sungai.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal :
Contoh Teks Eksplanasi Tertema Tanah Longsor
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET