Pengertian Elektron Meliputi Sejarah Penemuan dan Sifat-Sifatnya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian Elektron Meliputi Sejarah Penemuan dan Sifat-Sifatnya
disimak baik-baik ya…

Pengertian

Elektron adalah partikel subatom yang bermuatan negatif dan umumnya ditulis sebagai e-. Elektron tidak memiliki komponen dasar ataupun substruktur apapun yang diketahui, sehingga ia dipercayai sebagai partikel elementer. Elektron memiliki massa sekitar 1/1836 massa proton. Momentum sudut (spin) instrinsik elektron adalah setengah nilai integer dalam satuan ħ, yang berarti bahwa ia termasuk fermion.

 

Elektron bersama-sama dengan inti atom yang terdiri dari proton dan neutron, membentuk atom. Namun, elektron hanya mengambil 0,06% massa total atom. Nama elektron diperkenalkan untuk menamakan muatan ini pada tahun 1894 oleh fisikawan Irlandia George Johnstone Stoney. Elektron berhasil diidentifikasikan sebagai partikel pada tahun 1897 oleh J. J. Thomson.

BACA:  Peristiwa Alam yang Terjadi Pada Lapisan Troposfer

Sejaran Penemuan
Orang Yunani Kuno memperhatikan bahwa ambar dapat menarik benda-benda kecil ketika digosok-gosokkan dengan bulu hewan. Selain petir, fenomena ini merupakan salah satu catatan terawal manusia mengenai listrik. Dalam karya tahun 1600-nya De Magnete, fisikawan Inggris William Gilbert menciptakan istilah baru electricus untuk merujuk pada sifat penarikan benda-benda kecil setelah digosok. Bahasa Inggris untuk kata electric diturunkan dari bahasa Latin ēlectrum, yang berasal dari bahasa Yunani ήλεκτρον (ēlektron) untuk batu ambar.

Penemu elektron dikenal banyak orang sebagai Joseph John Thomson, juga dikenal sebagai J.J Thomson. Namun berdasarkan beberapa catatan sejarah, J.J. Thomson melanjutkan eksperimen William Crookes. Setelah dikembangkan oleh J.J Thomson, penemuan elektron terus dikembangkan. Jika dipilah, ada beberapa penemu yang berperan dalam perkembangan elektron antara lain:
1. Johann William Hittorf dan Eugen Goldstein
2. William Crookes
3. J.J Thomson bersama John S. Townsend dan HA Wilson
4. Henri Becquerel
5. Robert Andrews Millikan
6. Charles Wilson

BACA:  Mengetahui Fungsi dan Jenis-Jenis Lemak yang Ada Dalam Tubuh

Sifat-Sifat Elektron
Atom terdiri dari tiga partikel penyusun dengan muatan listrik yang sangat berbeda. Partikel bermuatan negatif yang membentuk atom adalah elektron. Beberapa sifat elektron antara lain adalah:

1. Sebagai Partikel Elementer
Elektron tidak memiliki struktur yang terlihat dan tidak dapat direduksi atau dipecah menjadi komponen yang lebih kecil. Dengan demikian, elektron adalah partikel elementer, juga dikenal sebagai partikel dasar.

 

2. Bermuatan Negatif
Elektron adalah partikel bermuatan negatif yang membentuk atom. Muatan elektron adalah -1 (kebalikan dari proton).

3. Memiliki Massa yang Kecil
Berat elektron, yang dua ribu kali lebih ringan dari berat proton, berarti tidak memberikan kontribusi apa pun terhadap total massa atom.

BACA:  Perbedaan dan Hubungan Rotasi Bumi dan Revolusi Bumi

4. Ditemukan dalam Orbital Atom Elektron
Elektron yang ditemukan di ruang sekitar inti atom disebut orbital. Dalam orbital, elektron mengorbit inti atom pada energi yang berbeda. Namun, posisi pasti elektron dalam atom tidak dapat ditentukan, menurut prinsip ketidakpastian Heisenberg.

5. Spin
Elektron memiliki momentum sudut intrinsik dan momen magnetik yang menyebabkan mereka berputar dan disebut spin elektron.

 

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian Elektron Meliputi Sejarah Penemuan dan Sifat-Sifatnya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET