Mengenal Nama-Nama Virus dan Penyakit yang Ditimbulkan Pada Manusia

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang Mengenal Nama-Nama Virus dan Penyakit yang Ditimbulkannya. Disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Virus

Virus berasal dari bahasa latin “Virion” yang berarti “Racun”. Virus merupakan bagian dari mikroorganisme dengan ukuran 1 mikron sama dengan 0,001 mm, virus berukuran sangat kecil bahkan lebih kecil dari bakteri. Virus membutuhkan inang yang hidup, seperti manusia, hewan, atau tanaman untuk berkembang biak.

Ketika virus memasuki sel tubuh, ia menyerang dan mengambil alih sistem kerja sel, lalu mengubahnya menjadi sel penghasil virus baru. Virus baru inilah yang nantinya akan menginfeksi tubuh Anda dan menyebabkan sakit. Penyakit yang disebabkan oleh virus dapat bersifat ringan dan dapat sembuh sendiri, tetapi ada pula yang tergolong serius dan memerlukan penanganan dokter.

Ciri-Ciri Virus
dilansir dari gramedia.com, Virus memiliki ciri-ciri, yakni :

1. Hanya memiliki satu jenis asam nukleat yang diselubungi oleh kapsid atau selubung protein.
2. Ukurannya sangat kecil.
3. Tubuh virus tidak berbentuk sel.
4. Hanya dapat hidup dan berkembang biak pada sel hidup atau dikenal juga sebagai parasit intraseluler obligat.
5. Merupakan suatu makhluk metaorganisme. Makhluk metaorganisme merupakan suatu bentuk peralihan antara benda mati atau memiliki sifat yang dapat dikristalkan dan makhluk hidup atau dapat berkembang biak.
6. Memiliki beberapa bentuk tubuh. Bentuk tubuh virus yaitu bulat, batang, bentuk T, dan silindris.

 
BACA:  Jawaban Buku Paket Bhs. Indonesia Kelas 12 SMA Hal. 39

10 Nama-Nama Virus dan Penyakit yang Ditimbulkan Pada Manusia
1. Kyasanur Forest Virus (KFD)
Orang yang terinfeksi virus ini menderita demam tinggi, sakit kepala yang kuat, dan nyeri otot yang dapat menyebabkan pendarahan.
2. Ebola (PVE/EVD)
Gejala penyakit virus ebola ini didahului oleh demam yang tiba-tiba, sakit kepala, nyeri sendi dan otot, lemah, diare, muntah, sakit perut, kurang nafsu makan, dan perdarahan yang tidak biasa.
3. Varicella-zoster
Menyebabkan cacar air pada manusia dan umumnya menyerang anak-anak. Gejalanya adalah ruam dan gatal yangbisa muncul di wajah, dada, punggung, atau bagian inti tubuh, hingga menyebar ke bagian tepi bahkan seluruh tubuh.
4. HIV
HIV memiliki arti Human Immunodeficiency Virus, merupakan virus yang akan memperlemah kekebalan tubuh manusia.
5. COVID-19
Coronavirus disease 2019 (COVID-19) merupakan penyakit yang disebabkan oleh severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Gejala COVID-19 yang paling umum adalah demam, batuk kering, dan sesak napas. Gejala ini dapat muncul 2–14 hari setelah terinfeksi virus. Penularannya dapat melalui udara dan air liur.
6. Herpes Simplex
Virus ini menyerang kulit manusia, umumnya karena adanya hubungan seksual dan ibu hamil yang menularkan kepada bayi kandungannya.
7. Dengue
Menyebabkan penyakit demam berdarah dengue (DBD), ditularkan melaui gigitan nyamuk Aedes aegypti.
8. Poliomielitis
Menyebabkan lemahnya otot hingga kelumpuhan pada kaki. Gejal virus ini berupa demam, nyeri sendi, tulang hingga otot, kram otot dan lainnya. Penularannya melalui kontak antarmanusia seperti kotoran (feses).
9. Rhabdhovirus
Rhabdhovirus atau virus rabies, merupakan virus yang dapat menyerang sistem saraf pusat manusia dan otak. Akibatnya tubuh tidak akan mampu untuk bergerak dan menimbulkan hydrophobia. Ditularkan melalui gigitan hewan terjangkit virus rabies seperti gigitan anjing, kera, kelelawar dan rakun.
10. Avian influenza tipe A (H5N1)
Menyerang hewan unggas, seperti burung dan ayam. Gejalanya berupa ganggungan pernapasan, muntah diare dan gejala flu pada umumnya.

BACA:  Mengetahui Zat Makanan yang Berperan Sebagai Sumber Energi

Pencegahan Penyakit Karena Virus
Cara menjaga tubuh agar tidak terserang penyakit karena virus adalah biasakan pola hidup sehat dengan rutin menjaga kebersihan lingkungan dan tempat tinggal, mengkonsumsi makanan bergizi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, minum air putih minimal 8 gelas sehari, hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan siap saji atau junkfood dan fastfood, cuci tangan sebelum makan memakai sabun dan olah raga ringan secara rutin setiap pagi.

Nah demikian pembahasan kita kali ini tentang Mengenal Nama-Nama Virus dan Penyakit yang Ditimbulkannya, jika masih ada yang belum jelas atau ada yang ingin di tanyakan kembali, silahkan comment di kolom komentar ya,,,

Semangat Belajar, Good Luck.

 

sumber : alodokter.com

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET