Pengertian Rangkaian Paralel Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian Rangkaian Paralel Serta Kelebihan dan Kekurangannya
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Rangkaian Paralel
Rangkaian listrik paralel adalah suatu rangkaian listrik, di mana semua input komponen berasal dari sumber yang sama. Semua komponen satu sama lain tersusun paralel. Rangkaian paralel merupakan sebuah rangkaian elektronik atau listrik yang proses penyusunannya dilakukan secara sejajar atau bersusun.

Sederhananya, rangkaian tersebut terhubung dengan cara berderet. Sehingga sumber arus listrik yang ada di dalamnya bercabang-cabang. Setia komponen yang ada di dalam rangkaian paralel memiliki besar tegangan yang sama. Oleh karena itu, setiap komponen yang dilalui oleh arus listrik akan dijumlahkan menjadi jumlah total arus secara keseluruhan.

BACA:  Pengertian Keanekaragaman Hayati dan Manfaatnya bagi Kehidupan Manusia

Rangkaian paralel memiliki ciri-ciri khusus yang bisa membedakannya dengan rangkaian listrik ataupun rangkaian elektronik lainnya. Berikut adalah ciri-ciri dari rangkaian paralel yaitu:

1. Proses penyusunan semua komponen yang ada dirangkai secara bersusun
2. Di semua cabang rangkaian paralel dapat dialiri oleh arus yang besarannya berbeda-beda
3. Setiap komponen yang ada di dalamnya akan dikaitkan dengan sumber tegangan, baik itu pada kutub negatif maupun kutub positif. Oleh karena itu, setiap komponennya bisa memperoleh tegangan yang besarnya sama. Akan tetapi, setiap ada kendala di komponen listriknya, akan ada sejumlah kendala total yang kecil.

Kelebihan Rangkaian Paralel
Adapun kelebihan Rangkaian Paralel adalah sebagai berikut:

 
BACA:  Pengertian Evaporasi, Laju Evaporasi dan Faktor yang Berpengaruh serta Metode Pengukurannya

1. Apabila salah satu komponen atau cabang listrik yang ada di dalamnya mengalami kerusakan atau putus. Maka komponen lainnya yang ada di dalam rangkaian tersebut masih tetap berfungsi.

2. Semua komponen yang saling berkaitan atau berhubungan dengan saklar tidak akan kuat terhadap komponen yang lain. Misalnya, ketika salah satu saklar yang terhubung dengan lampu rumah dimatikan, maka lampu yang lain yang tidak terhubung dengan saklar tidak akan ikut padam.

Kekurangan Rangkaian Paralel
Adapun kekurangan Rangkaian Paralel adalah sebagai berikut:

1. Memerlukan penghantar listrik atau kabel yang banyak untuk merangkai semua komponen listriknya.

 

2. Susunan paralel dalam rangkaian listrik menghabiskan biaya yang lebih banyak (kabel penghubung yang diperlukan lebih banyak).

BACA:  Bagaimana Proses Terbentuknya Benua

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian Rangkaian Paralel Serta Kelebihan dan Kekurangannya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET