Mengenal Pengertian dan Sifat Benda Cair

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Mengenal Pengertian dan Sifat Benda Cair
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Benda Cair
Benca cair adalah setiap benda atau zat yang memiliki volume tetap, namun bentuknya dapat berubah mengikuti bentuk wadahnya. Benda cair memiliki sifat yang tidak tetap karena molekul penyusunnya bergerak bebas.

Benda cair identik dengan cairan, namun pada beberapa benda cair memiliki kekentalan alias tidak begitu encer, seperti oli, sampo, sabun cuci, dan sebagainya. Cairan yang kental tersebut masih memiliki sifat-sifat utama benda cair yakni masih mengikuti bentuk wadahnya.

Benda cair masuk dalam kategori benda yang mudah berubah karena memiliki kerapatan molekul yang sangat rendah. Perubahan yang identik bagi benda cair adalah mudah larut, yakni mudah tercampur dengan zat lain atau membeku dan menguap.

Sifat-sifat Benda Cair

Beberapa sifat benda cair adalah sebagai berikut:
1. Bentuknya Dapat Berubah Mengikuti Wadahnya
Sifat molekul cairan tidak rapat dan padat melainkan renggang dan membuatnya mudah mengalir dan menyesuakan wadahnya dengan adanya pengaruh tekanan.

BACA:  Mengenal Kalimat Persuasif dan Contohnya

2. Menempati Ruang
Benda cair selalu membutuhkan wadah atau ruang untuk mempertahankan massanya dalam kondisi tertentu. Jika benda cair tidak dalam ruang atau wadah maka benda cair itu akan mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah atau meresap ke segala arah, alias menghilangkan massanya.

3. Mempunyai Massa
Massa benda cair juga dipengaruhi oleh bentuk material yang ada di dalam cairan tersebut dan tekanan kerapatan dari molekulnya.

 

4. Mengalir Ke Tempat Yang Lebih Rendah
Benda cair memiliki tekanan menyesuaikan dengan gravitasi bumi sehingga selalu menuju tempat yang lebih rendah.

5. Dapat Melarutkan Suatu Zat Tertentu
Sifat benda cair yang berbeda dengan benda lainnya adalah dapat melarutkan zat tertentu dalam benda cair itu sendiri. Sifat melarutkan ini bisa terjadi sempurna atau disebut mengalami perubahan kimia atau bisa hanya mengalami perubahan fisika yang tidak bisa larut seutuhnya.

BACA:  Apakah yang Terjadi Bila Salah Satu Organisme Tidak Tersedia di Alam?

6. Dapat Meresap Melalui Celah-Celah Kecil
Benda cair bisa meresap melalui celah-celah kecil karena benda ini memiliki tekanan dan harus menempati ruang atau wadah tertentu.

7. Menekan Ke Segala Arah
Sifat benda cair yang dapat menekan ke segala arah berkaitan dengan sifat benda cair yang selalu membutuhkan ruang dan membentuk wadahnya. Termasuk juga sifat benda cair yang mudah meresap ke pori-pori atau celah karena benda cair memiliki tekanan untuk bergerak ke segala arah.

 

8. Permukaan Benda Cair Yang Selalu Datar
Benda cair akan selalu memiliki permukaan yang datar dalam kondisi diam karena memiliki tekanan untuk membentuk sesuai wadahnya. Jadi bagaimanapun bentuk wadahnya, permukaan benda cair pasti akan selalu datar.

BACA:  Perbedaan Kata, Frasa, Klausa dan Kalimat

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Mengenal Pengertian dan Sifat Benda Cair
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2023 GURULESPRIVAT.NET