Pengertian Limbah Meliputi Jenis dan Karakteristiknya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian Limbah Meliputi Jenis dan Karakteristiknya
disimak baik-baik ya…

Pengertian

Limbah adalah zat yang dihasilkan dari suatu proses produksi, baik industri maupun domestik (rumah tangga). Limbah dapat berupa sampah, air kakus , dan air buangan dari berbagai aktivitas domestik lainnya.

 

Selain itu terdapat beberapa pengertian limbah lainnya, sebagai berikut:

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Limbah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti sisa proses produksi; Bahan yang tidak mempunyai nilai atau tidak berharga untuk maksud biasa atau utama dalam pembuatan atau pemakaian; Barang rusak atau cacat dalam proses produksi.

2. UU Nomor 32 Tahun 2009
Pasal 1 butir 20 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, limbah adalah sisa usaha dan/atau kegiatan.

BACA:  Pengertian Daun Beserta Struktrur dan Fungsinya

3. Karmana
Menurut Karmana, limbah adalah sisa atau sampah dari suatu proses aktivitas manusia yang dapat menjadi bahan polutan di suatu lingkungan.

4. Susilowarno
Menurut Susilowarno, limbah adalah sisa atau hasil sampingan yang berasal dari beragam aktivitas manusia dalam upaya memenuhi kebutuhan hidup.

 

5. Cahyono Budi Utomo
Menurut Cahyono, limbah adalah suatu zat atau benda yang timbul sebagai hasil dari aktivitas manusia yang sudah tidak digunakan lagi dan dibuang.

Limbah padat lebih dikenal sebagai sampah, yang sering kali tidak dikehendaki kehadirannya karena tidak memiliki nilai ekonomis. Bila ditinjau secara kimiawi, limbah ini terdiri dari bahan kimia Senyawa organik dan Senyawa anorganik. Dengan konsentrasi dan kuantitas tertentu, kehadiran limbah dapat berdampak negatif terhadap lingkungan terutama bagi kesehatan manusia, sehingga perlu dilakukan penanganan terhadap limbah. Tingkat bahaya keracunan yang ditimbulkan oleh limbah tergantung pada jenis dan karakteristik limbah.

BACA:  Tanaman Kapri Berbunga Merah Disilangkan Dengan Kapri Berbunga Putih, F1 100% Berupa Kapri Berbunga Merah. Hal Ini Menunjukan Bahwa?

Jenis-Jenis Limbah

1. Jenis Limbah Berdasarkan Senyawanya
Kelompok jenis limbah yang pertama adala limbah berdasarkan senyawanya. Kelompok limbah ini dibagi menjadi tiga, yaitu limbah organik, limbah anorganik, dan limbah B3.

 

2. Jenis Limbah Berdasarkan Wujudnya
Kelompok jenis limbah yang kedua adalah limbah berdasarkan wujudnya. Kelompok jenis limbah ini dibagi menjadi tiga, yaitu limbah padat, limbah cair, dan limbah gas.

3. Jenis Limbah Berdasarkan Sumbernya
Kelompok jenis limbah yang ketiga adalah limbah berdasarkan sumbernya. Pada jenis limbah berdasarkan sumbernya, terdapat enam jenis, yaitu limbah rumah tangga, limbah industri, limbah pertanian, limbah medis, limbah pertambangan, dan limbah pariwisata.

Karakteristik Limbah

1. Karakteristik Limbah Umum
Secara umum, limbah yang ada di sekitar manusia dan makhluk hidup memiliki karakteristik, yaitu sifatnya yang dinamis, ukurannya yang mikro, penyebarannya berdampak jangka panjang atau antar generasi, dan penyebarannya juga sangat luas.

BACA:  Mengenal Pengertian Atlas dan Fungsinya

2. Karakteristik Limbah Khusus
Secara khusus, limbah dapat dibagi menjadi tiga karakteristik, pertama karakteristik fisik, kedua karakteristik kimia, dan ketiga karakteristik biologi.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian Limbah Meliputi Jenis dan Karakteristiknya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

Ref.: Wikipedia.com ; Gramedia.com

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET