Prinsip Aufbau dan Langkah-Langkah Penulisan Konfigurasi Elektron

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Prinsip Aufbau dan Langkah-langkah penulisan konfigurasi elektron
disimak baik-baik ya…

 

Prinsip Aufbau
Menurut prinsip Aufbau elektron di dalam suatu atom akan berada dalam kondisi yang stabil bila mempunyai energi yang rendah, sedangkan elektron-elektron akan berada pada orbital-orbital yang bergabung membentuk subkulit.

Aufbau adalah kata benda bahasa Jerman yang berarti “konstruksi”. Prinsip Aufbau kadang-kadang disebut prinsip membangun atau aturan Aufbau. Jadi, elektron mempunyai kecenderungan akan menempati subkulit yang tingkat energinya rendah.

Prinsip ini mengambil namanya dari Jerman, Aufbauprinzip, “prinsip membangun”, bukannya diberi nama seorang ilmuwan. Bahkan, ia dirumuskan oleh Niels Bohr dan Wolfgang Pauli di awal 1920-an, dan menyatakan bahwa:
Orbital energi yang lebih rendah diisi pertama dengan elektron dan hanya kemudian orbital energi tinggi dipenuhi.

BACA:  Di dalam suatu desa yang berpenduduk 10.000 orang, 16% di antaranya adalah orang albino. Berapa Banyak orang di desa tersebut yang tidak albino namun membawa sifat albino?

Prinsip Aufbau menyatakan bahwa secara hipotetis elektron yang mengorbit satu atau lebih atom mengisi tingkat energi terendah yang tersedia sebelum mengisi tingkat yang lebih tinggi (misalnya, 1s sebelum 2s). Dengan cara ini, elektron pada atom, molekul, atau ion menyelaraskan ke konfigurasi elektron yang paling stabil.

Langkah-langkah penulisan konfigurasi elektron
Urutan-urutan tingkat energi di tujukan pada gambar di samping kanan. Jadi pengisian orbital dimulai dari orbital 1s, 2s, 2p, dan seterusnya. Pada gambar dapat dilihat bahwa subkulit 3d mempunyai energi lebih tinggi daripada subkulit 4s.

 

Oleh karena itu, setelah 3p terisi penuh maka elektron berikutnya akan mengisi subkulit 4s, baru kemudian akan mengisi sub kulit 3d.

BACA:  Faktor Penyebab dan Karakteristik Masalah Sosial - Materi Sosiologi Kelas 11

Berikut adalah beberapa Langkah-langkah penulisan konfigurasi elektron:

  1. Menentukan jumlah elektron dari atom tersebut. Jumlah elektron dari atom unsur sama dengan nomor atom unsur tersebut.
  2. Menuliskan jenis subkulit yang dibutuhkan secara urut berdasarkan diagram curah hujan pada gambar 2 yaitu: 1s- 2s- 2p- 3s- 3p- 4s- 3d- 4p- 5s- 4d- 5p- 6s- 4f- 5d- 6p- 7s- 5f- 6d- 7p- 8s
  3. Mengisikan elektron pada masing-masing subkulit dengan memperhatikan jumlah elektron maksimumnya, maka sisa elektron dimasukan pada subkulit berikutnya

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Prinsip Aufbau dan Langkah-langkah penulisan konfigurasi elektron
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2023 GURULESPRIVAT.NET