Kekayaan Laut yang Dapat Dimanfaatkan Manusia

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Kekayaan Laut yang Dapat Dimanfaatkan Manusia
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Kekayaan Laut
Kekayaan Laut adalah segala kekayaan yang berasal atau terkandung pada laut baik yang ada pada permukaan laut, di dalam laut, dasar laut dan pesisir pantai yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk mencukupi segala kebutuhan hidupnya. Sumber daya alam laut lebih kepada hasil laut yang dapat di manfaatkan bagi kehidupan dan kelangsungan hidup manusia, seperti hayati dan non hayati.

Sumber kekayaan alam maritim non-hayati termasuk potensi yang tidak dapat pulih (Non-Renewable Resources) misalnya: minyak bumi, gas dan mineral, serta bahan tambang lainnya. Sumber kekayaan alam laut hayati adalah merupakan sumber daya yang dapat pulih (Renewable Resources) atau merupakan sumber kekayaan alam yang dapat diperbaharui misalnya: perikanan, bioteknologi dan terumbu karang.

BACA:  Sejarah Kerjaan Cirebon yang Pernah Ada di Nusantara

Kementerian Perikanan dan Kelautan (KKP) RI mencatat luas perairan laut Indonesia mencapai 5,8 juta kilometer persegi. Terdiri dari luas laut teritorial 0,3 juta kilometer persegi, luas perairan kepulauan 2,95 juta kilometer persegi, dan luas Zona Ekonomi Eksklusif sebesar 2,55 juta kilometer persegi.

Keanekaragaman kekayaan laut Indonesia dengan keanekaragaman hayati biota laut yang mencapai 8.500 spesies ikan, 555 spesies rumput laut, dan 950 spesies biota terumbu karang. Angka tersebut menunjukan Indonesia adalah negara dengan keanekaragaman hayati laut terbesar di dunia atau marine mega-biodiversity.

Potensi Kekayaan Laut yang dapat dimanfaatkan Manusia
Beberapa potensi kekayaan laut yang dapat dimanfaatkan manusia antara lain:
1. Potensi Perikanan Tangkap
Contohnya adalah meliputi ikan pelagis (besar dan kecil), ikan demersal, ikan karang konsumsi, udang, lobster, cumi-cumi dan ikan lainnya.
2. Potensi Bio Teknologi/Biofarmakologi
Pemanfaatannya melalui pengambilan senyawa bioaktif (squalance, omega-3, phycocolloids, biopolymers) dari mikroorganisme, invertebrata, alga, ikan ataupun bahan organik lainnya.
3. Potensi Pemanfaatan Garam
Pemanfaatan garam tidak hanya sebagai sumber makanan, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk industri farmasi (seperti tumor, anti cancer, antibiotik), bidang pertanian (fungisida, pestisida), industri kosmetik dan makanan (zat pewarna alami).
4. Potensi Sumber Daya Mineral dan Tambang
Sumber daya ini pada umumnya berupa bahan mineral dan tambang, seperti minyak bumi, gas alam, bauksit, timah, bijih besi, pasir laut dan lain sebagainya.
5. Potensi Energi Kelautan
Potensi energi yang dapat dikembangkan antara lain konversi energi panas laut (ocean thermal energy conversion), konversi energi perbedaan salinitas, energi gelombang pasang surut dan arus, dan angin.
6. Potensi Jasa Pariwisata
Indonesia memiliki laut yang terkenal sangat indah di dunia, serta memiliki ribuan terumbu karang yang dapat menjadi potensi wisata berbasis laut atau wisata bahari menjadi komoditas yang mendunia.
7. Potensi Jasa Transportasi
Teritotial yang luas sangat memungkinkan bagi Indonesia untukmemiliki jalur distribusi atau pelayaran nasional dan Internasional untuk melintasi Indonesia sebagai jalur perdagangan sehingga pemanfaatan secara maksimal potensi laut Indonesia perlu dimaksimalkan.

 
BACA:  Sungai Nil: Etimologi, Letak Geografi dan Karakteristiknya

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Kekayaan Laut yang Dapat Dimanfaatkan Manusia
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET