Perbedaan Cara Menanggapi Rangsang Pada Hewan dan Tumbuhan

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Perbedaan Cara Menanggapi Rangsang Pada Hewan dan Tumbuhan
disimak baik-baik ya…

Kepekaan Hewan dalam Menanggapi Rangsang

Hewan mempunyai indera. Melalui indera inilah hewan mengetahui rangsangan dari lingkungannya.

 

Indera adalah alat tubuh yang peka terhadap suatu rangsangan. Sama seperti manusia hewan dilengkapi dengan indera.

Indera peka terhadap rangsangan sehingga manusia dan hewan dapat melihat, mendengar, mencium, mengecap, merasa dan meraba. Mata peka terhadap rangsangan cahaya sehingga kita dapat melihat. Telinga peka terhadap getaran suara sehingga kita dapat mendengar. Hidung peka terhadap rangsangan bau sehingga kita dapat mencium. Lidah peka terhadap rangsangan rasa sehingga kita dapat mengecap rasa makanan. Kulit peka terhadap rangsangan panas atau dingin, tekanan, sentuhan dan luka.

BACA:  Mengetahui Definisi Penginderaan Jauh Meliputi Komponen dan Manfaatnya

Selain itu, beberapa jenis hewan mempunyai alat indra yang berfungsi menerima dan memberi tanggapan terhadap rangsang, misalnya mata menerima rangsang cahaya, telinga menerima rangsang suara, hidung menerima rangsang bau, dan kulit menerima rangsang sentuhan.

Kepekaan Tumbuhan dalam Menerima Rangsang

Apabila hewan dan manusia menanggapi rangsang dengan alat indra, maka tumbuhan menanggapi rangsang dengan gerak sebab tumbuhan tidak mempunyai indera seperti pada manusia atau hewan. Meskipun tidak memiliki indera, tumbuhan juga mampu menerima dan menanggapi rangsang, antara lain rangsang cahaya, zat-zat kimia, unsur-unsur hara, dan gravitasi.

Untuk menanggapi rangsangan, tumbuhan melakukan gerakan yang mungkin menuju ke arah rangsang, menjauhi rangsang, atau hanya sekedar melakukan gerak tanpa menunjukkan ke arah tertentu. Gerak pada tumbuhan yang tergolong iritabilita dibedakan menjadi tiga, yaitu tropisme, taksis, dan nasti. Gerakan ini karena pengaruh rangsang dari luar yang disebut gerak esionom.

Kesimpulan

1. Hewan memiliki alat indera untuk dapat peka terhadap rangsangan sehingga hewan dapat melihat, mendengar, mencium, mengecap, merasa dan meraba.

BACA:  Pengertian Keanekaragaman Hayati dan Manfaatnya bagi Kehidupan Manusia

2. Tumbuhan menanggapi rangsang dengan gerak. Tumbuhan mampu menerima dan menanggapi rangsang, antara lain rangsang cahaya, zat-zat kimia, unsur-unsur hara, dan gravitasi.

 

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal :
Perbedaan Cara Menanggapi Rangsang Pada Hewan dan Tumbuhan
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2024 GURULESPRIVAT.NET