Pengertian, Penyebab dan Dampak Hujan Asam Bagi Kehidupan

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian, Penyebab dan Dampak Hujan Asam Bagi Kehidupan
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Hujan Asam
Hujan asam dilaporkan pertama kali di Manchester, Inggris, yang menjadi kota penting dalam Revolusi Industri. Pada tahun 1852, Robert Angus Smith menemukan hubungan antara hujan asam dengan polusi udara. Istilah hujan asam tersebut mulai digunakannya pada tahun 1872 untuk mendeskripsikan curah hujan yang turun di Inggris dan Jerman pada saat itu.

Hujan asam diartikan sebagai segala macam hujan dengan pH di bawah 5,6. Hujan secara alami bersifat asam dengan pH sedikit di bawah 6, karena karbondioksida (CO2) di udara yang larut dengan air hujan memiliki bentuk sebagai asam lemah. Jenis asam dalam hujan ini sangat bermanfaat karena membantu melarutkan mineral dalam tanah yang dibutuhkan oleh tumbuhan dan binatang.

BACA:  Mengetahui Pengertian Komponen Biotik dan Jenis-Jenisnya

Penyebab Hujan Asam
Secara alami hujan asam dapat terjadi akibat semburan dari gunung berapi dan dari proses biologis di tanah, rawa, dan laut. Akan tetapi, mayoritas hujan asam disebabkan oleh aktivitas manusia seperti pembakaran bahan bakar fosil, industri, pembangkit tenaga listrik, kilang minyak, kendaraan bermotor dan pabrik pengolahan pertanian terutama amonia. Gas-gas yang dihasilkan oleh proses ini dapat terbawa angin hingga ratusan kilometer di atmosfer sebelum berubah menjadi asam dan terdeposit ke tanah.

Hujan asam disebabkan oleh belerang atau sulfur yang merupakan pengotor dalam bahan bakar fosil serta nitrogen di udara yang bereaksi dengan oksigen membentuk sulfur dioksida dan nitrogen oksida. Zat-zat ini berdifusi ke atmosfer dan bereaksi dengan air untuk membentuk asam sulfat dan asam nitrat yang mudah larut sehingga jatuh bersama air hujan. Air hujan yang asam tersebut akan meningkatkan kadar keasaman tanah dan air permukaan yang terbukti berbahaya bagi kehidupan ikan dan tanaman.

BACA:  Fertilisasi In Vitro (Bayi Tabung) dan Faktor yang Mempengaruhinya

Dampak Hujan Asam
Hujan Asam memiliki dampak yang buruk bagi kehidupan, yakni:
1. Tumbuhan Terancam Mati Akibat Pengikisan Jaringan Epidermis
2. Senyawa Sulfur Dioksida dan Nitrogen Dioksida Menghasilkan Kadar Asam Tinggi
3. Hewan Terancam Mati Akibat Peningkatan Karbon Dioksida
4. Hujan Asam Dapat Menyebabkan Berbagai Macam Penyakit
5. Mengancam Keberlangsungan Industri dan Merusak Material Bangunan
6. Merusak Ekosistem Air

 

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian, Penyebab dan Dampak Hujan Asam Bagi Kehidupan
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET