Pengertian Logam Alkali dan Ketahui Sifat Kimia dan Fisikanya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian Logam Alkali dan Ketahui Sifat Kimia dan Fisikanya
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Logam Alkali
Logam alkali adalah unsur logam golongan 1 atau IA pada tabel periodik unsur. Golongan alkali biasa dikenal sebagai golongan litium. Golongan ini terletak pada blok-s tabel periodik karena seluruh logam alkali memiliki elektron terluarnya pada posisi orbital-s.

Golongan ini terdiri dari unsur:
1. litium (Li),
2. natrium (Na),
3. kalium (K)[note 1],
4. rubidium (Rb),
5. sesium (Cs),
6. fransium (Fr) yang merupakan unsur radioaktif .

Seluruh logam alkali yang ditemukan berada di alam. Natrium adalah yang paling melimpah diikuti oleh kalium, litium, rubidium, sesium, dan terakhir fransium, yang sangat jarang karena radioaktivitasnya yang sangat tinggi; fransium hanya terjadi dalam jumlah renik dan merupakan produk rantai peluruhan alami.

BACA:  Perbedaan Kotoran dan Noda

Dalam tata nama IUPAC modern, logam alkali mencakup logam-logam golongan 1, kecuali hidrogen (H), yang dicantumkan sebagai unsur golongan 1 tetapi tidak dianggap sebagai suatu logam alkali karena perilakunya yang menyimpang jauh dari perilaku logam alkali. Semua logam alkali dapat bereaksi dengan air.

Sifat Kimia dan Fisika
Logam-logam alkali memiliki sifat-sifat yang sangat mirip yakni semuanya berkilau, lunak, saking lunaknya dapat dipotong dengan menggunakan pisau. Logam alkali adalah sangat reaktif pada suhu dan tekanan standar dan mudah kehilangan elektron terluarnya membentuk kation dengan muatan +1.

 

Seluruh logam alkali stabil berwarna perak kecuali sesium, yang memiliki warna emas dan merupakan salah satu dari tiga logam yang berwarna keemasan, dua lainnya adalah tembaga dan emas.

BACA:  Biosfer dan Faktor-Faktor Persebaran Flora dan Fauna

Sifat kimia mereka didominasi oleh hilangnya elektron valensi sunyi untuk membentuk tingkat oksidasi +1, mengingat mudahnya mengionkan elektron ini serta tingginya energi ionisasi kedua.

Sifat kimiawi fransium belum begitu dapat diamati mengingat radioaktivitasnya yang ekstrem. Sifat fisik fransium bahkan lebih samar karena unsur massalnya tidak pernah diamati; maka setiap data yang mungkin ditemukan dalam literatur tentu saja merupakan ekstrapolasi spekulatif.

Logam-logam alkali lebih menunjukkan kemiripan di antara mereka dibandingkan dengan golongan-golongan lain. Misalnya, dari atas ke bawah pada tabel periodik menunjukkan kenaikan jari-jari atom, penurunan elektronegativitas, kenaikan reaktivitas dan penurunan titik leleh dan titik didih begitu juga dengan kalor fusi dan kalor penguapan.

 
BACA:  Pengertian, Penggolongan dan Dampak Buruk Narkotika

Seluruh logam alkali sangat reaktif dan tidak pernah dijumpai dalam bentuk unsur di alam. Oleh sebab itu, mereka biasanya disimpan dalam minyak mineral atau kerosen yang lebih dikenal sebagai minyak parafin.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian Logam Alkali dan Ketahui Sifat Kimia dan Fisikanya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2023 GURULESPRIVAT.NET