Pengertian dan Jenis-Jenis Diskriminasi dalam Lingkup Sosiologi

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian dan Jenis-Jenis Diskriminasi dalam Lingkup Sosiologi
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Diskriminasi
Diskriminasi adalah suatu perbuatan, praktik atau kebijakan yang memperlakukan seseorang atau kelompok secara berbeda dan tidak adil atas dasar karakteristik dari seseorang atau kelompok tersebut.

Istilah diskriminasi telah dikenal dalam bahasa Inggris to discriminate sejak awal abad ke-17. Istilah ini berasal dari bahasa Latin discriminat, berakar dari kata dis (berarti memilah atau memisah) dan crimen (berarti dibedakan berdasarkan suatu pertimbangan baik-buruk).

Sebelum Perang Saudara Amerika pada abad ke-18, istilah “diskriminasi” hanya digunakan dalam arti biasa “untuk membedakan”.Sejak Perang Saudara Amerika, istilah discrimination berkembang sebagai kosakata bahasa Inggris untuk menjelaskan tentang perlakuan merugikan terhadap individu yang semata-mata didasarkan pada ras mereka, yang kemudian digeneralisir sebagai keanggotaan dalam kelompok atau kategori tertentu yang tidak diinginkan secara sosial.

BACA:  Mengubah Teks Hikayat Pada Kutipan Menjadi Cerpen

Diskriminasi adalah tindakan, sikap, atau perilaku yang dilakukan oleh seseorang atau satu golongan untuk menyudutkan golongan lain. Biasanya diskriminasi dilakukan oleh satu golongan dengan populasi lebih besar ke golongan lain yang populasinya jauh lebih sedikit atau yang biasa kita sebut dengan istilah minoritas.

Diskriminasi terjadi ketika individu atau kelompok diperlakukan dengan lebih buruk dibandingkan orang lainnya karena faktor keanggotaan aktual atau yang dipersepsikan dalam kelompok sosial atau kategori sosial tertentu.[4][5] Diskriminasi dapat berupa pembatasan kesempatan dan hak terhadap anggota dari satu kelompok, yang tersedia bagi anggota kelompok lainnya.

 

Jenis-Jenis Diskriminasi
Beriku adalah jenis-jenis diskriminasi dalam ruang lingkup sosiologi:

1. Rasisme
Rasisme, istilah satu ini pasti cukup akrab di telinga kita semua. Jika dibandingkan dengan jenis diskriminasi lainnya, rasisme adalah jenis diskriminasi yang paling banyak terjadi hingga saat ini. Di masa sekarang, rasisme biasanya didasarkan dari warna kulit. Seperti yang telah diketahui, setiap ras memiliki warna kulit yang berbeda satu sama lain. Ada ras yang orang-orangnya memiliki kulit hitam, coklat, kuning langsat, hingga putih.

BACA:  Fakta Menarik dan Siklus Hidup dari Hewan Nyamuk

Di beberapa negara tertentu, orang cenderung beranggapan bahwa kulit putih adalah simbol kecantikan. Orang dengan kulit putih selalu dianggap jauh lebih cantik dan menarik ketimbang mereka yang berkulit gelap. Bahkan, sikap rasis ini membuat banyak kaum perempuan berusaha mengubah warna kulitnya menjadi lebih cerah karena merasa jelek dan tidak percaya diri dengan warna kulit alaminya.

2. Seksisme
Jika rasisme didasarkan pada keyakinan sebuah ras jauh lebih unggul ketimbang ras lainnya, maka seksisme adalah keyakinan bahwa laki-laki lebih cerdas dan kuat dari perempuan. Seksisme pada akhirnya membuat perempuan selalu menjadi nomor dua dalam banyak hal, terutama pekerjaan.

 

3. Ageisme
Ageisme adalah tindakan diskriminasi berdasarkan usia seseorang. Menariknya, ketimbang jenis diskriminasi yang lain, ageisme jarang disadari oleh banyak orang. Padahal kenyataannya, ageisme terjadi sangat sering dalam kehidupan kita sehari-hari.

BACA:  Cara Menuang Larutan Kimia dari Botol ke Gelas Beker Agar Terhindar dari Kecelakaan

4. Diskriminasi pada Penyandang Disabilitas
Hidup sebagai penyandang disabilitas memang tidak mudah, keterbatasan fisik menjadi salah satu alasannya. Namun kehidupan para penyandang disabilitas menjadi lebih sulit dari yang seharusnya karena masyarakat yang sering memandang mereka dengan sebelah mata.

5. Diskriminasi Berbeda Pandangan Politik
Seseorang akan memperlakukan orang lain dengan lebih baik ketika orang tersebut memiliki pandangan politik yang sama. Sebaliknya, seseorang bisa saja memperlakukan orang lain dengan buruk bahkan memusuhi saudara sendiri karena perbedaan pandangan politik.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian dan Jenis-Jenis Diskriminasi dalam Lingkup Sosiologi
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

 

ref: gramedia.com: wikipedia.com

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET