Pengertian dan Penyebab Terjadinya Abrasi Pantai

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian dan Penyebab Terjadinya Abrasi Pantai
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Abrasi
Abrasi adalah suatu proses pengikisan pantai yang diakibatkan oleh tenaga gelombang laut dan arus laut atau pasang surut arus laut yang bersifat merusak. Abrasi biasanya disebut juga erosi pantai. Kerusakan garis pantai akibat abrasi ini dipacu oleh terganggunya keseimbangan alam daerah pantai tersebut.

Suatu daratan atau pantai mengalami abrasi apabila angkutan sedimen pada suatu titik melebihi atau lebih besar dari jumlah sedimen yang terbawa oleh air ke luar titik tersebut. Istilah abrasi memiliki makna yang hampir sama dengan erosi pantai. Padahal realitanya abrasi dan erosi pantai merupakan dua fenomena alam yang berbeda.

BACA:  Pengertian Karbon dan Peranan Siklus Karbon Terhadap Iklam Global

Penyebab Abrasi
Proses terjadinya abrasi atau penyebab abrasi dibagi menjadi dua, yaitu disebabkan karena faktor alam dan disebabkan oleh faktor perilaku manusia. Berikut penjelasannya.

Faktor Alam

1. Arus Air Laut
Semakin kuat gelombang laut akan membawa pasir pantai dan juga material pantai lainnya masuk ke dalam lautan. Karena hal itulah, pengikisan pantai karena abrasi perlahan-lahan semakin besar.

2. Pasang Surut Air Laut
Terjadinya pasang surut air laut akan membuat perubahan pantai setiap harinya karena dapat membawa material-material pantai ke dalam laut, sehingga akan ada banyak material pantai yang hilang dan menyebabkan terjadinya abrasi pantai.

3. Perubahan iklim
Perubahan ikli yang tidak normal bisa meningkatkan permukaan air laut, sehingga bisa merendam daerah pesisir pantai. Pesisir pantai yang tadinya luas, semakin lama akan semakin kecil karena adanya abrasi.

 
BACA:  Beberapa Contoh Hewan Yang Peka Terhadap Rangsangan Cahaya

4. Badai
Badai dapat membawa material pantai dalam jumlah yang cukup banyak. Badai yang semakin besar akan menyebabkan abrasi pantai yang semakin besar dan semakin parah juga.

Faktor Manusia
1. Eksploitasi Sumber Daya Laut
Eksploitasi sumber daya laut bisa menjadi penyebab abrasi terjadi. Hal ini dikarenakan ketika ada gelombang laut, tidak ada penghalangnya, sehingga langsung mengarah ke pantai.

2. Pemanasan Global
Jika panas bumi secara terus menerus terjadi, maka es di kutub akan mencari, sehingga permukaan air laut akan naik. Dari permukaan air laut yang terus mengalami kenaikan itulah, wilayah di sekitar pantai akan semakin rendah.

3. Penambangan Pasir Dalam Skala yang Besar
Pasir pantai yang diambil secara besar-besaran akan membuat pasir pantai berkurang sangat cepat, sehingga gelombang laut akan mudah menghantam daerah pesisir pantai. Tidak adanya pasir pantai atau berkurangnya pasir pantai secara signifikan akan menghasilkan kekuatan hantaman gelombang laut ke pantai semakin besar sehingga abrasi akan terjadi.

 
BACA:  Mengapa Revolusi Industri Menghasilkan Paham Ekonomi Kapitalisme

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian dan Penyebab Terjadinya Abrasi Pantai
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2023 GURULESPRIVAT.NET