Bahaya dan Dampak Negatif yang ditimbulkan oleh Ganja

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Bahaya dan Dampak Negatif yang ditimbulkan oleh Ganja
disimak baik-baik ya…

Tanaman Ganja

Pada dasarnya ganja adalah salah satu jenis tanaman yang tumbuh dan merupakan tanaman semusim, memiliki tinggi hingga mencapai 2 meter. Berdaun menjari dengan bunga jantan dan betina ada di tanaman berbeda atau berumah dua. Bunganya kecil-kecil dalam dompolan di ujung ranting. Ganja hanya tumbuh di pegunungan tropis dengan ketinggian di atas 1.000 meter di atas permukaan laut.

 

Ganja atau mariyuana adalah psikotropika mengandung tetrahidrokanabinol dan kanabidiol yang membuat pemakainya mengalami euforia. Ganja biasanya dibuat menjadi rokok untuk dihisap supaya efek dari zatnya bereaksi. Sedikitnya ada 5 ladang ganja yang terbesar di Indonesia. Lokasinya sebagian besar berada di Aceh dan sebagian lagi ada di Sumatera Utara.

BACA:  Mengenal Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura dan Perjuangannya

Bahaya dan Dampak Negatif Ganja
Negara Thailand dan beberapa negara lainnya telah melegalkan ganja untuk digunakan dengan tujuan medis tetapi Indonesia masih belum melegalkannya secara hukum, baik untuk alasan medis maupun yang lainnya. Hal ini karena penggunaan tanaman ganja belum didasari oleh indikasi atau penelitian secara medis. Penggunaan ganja yang tidak di bawah pengawasan medis atau dokter dapat memberikan dampak negatif pada berbagai organ dan pada kesehatan penggunanya secara umum.

Berikut beberapa bahaya dan dampak negatif yan ditimbulkan oleh ganja:
1. Mengganggu kemampuan berpikir otak
2. Mengakibatkan resiko kanker paru-paru yang tinggi
3. Menyebabkan kesehatan metal seperti skizofrenia, halusinasi, delusi, meningkatkan rasa cemas, dan serangan panik
4. Penggunaan ganja dalam jangka panjang membuat seseorang sulit tidur, mengalami perubahan suasana hati, dan berkurangnya nafsu makan.
5. Membuat sistem kekebalan tubuh melemah
6. Menyebabkan tekanan darah naik dan membuat mata menjadi merah karena pembuluh darah melebar
7. Menyebabkan risiko serangan jantung
8. Mengisap ganja selama kehamilan juga memengaruhi perkembangan otak janin. Tidak hanya itu, ganja bisa memperlambat pertumbuhan janin, menyebabkan kecacatan dan gangguan pada janin, meningkatkan risiko bayi lahir prematur, serta leukimia. Konsumsi ganja ketika ibu menyusui bisa membuat zat kimia dalam mariyuana yang disebut tetrahydrocannabinol (THC) masuk ke dalam ASI dan menghambat pertumbuhan bayi.

BACA:  Mengenal Pengertian Zat Tunggal Beserta Karakteristiknya

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Bahaya dan Dampak Negatif yang ditimbulkan oleh Ganja
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET