Pengertian Iklim Subtropis berserta Ciri dan Efeknya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian Iklim Subtropis berserta Ciri dan Efeknya
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian
Subtropis adalah wilayah Bumi yang secara astronomis berada di bagian utara dan selatan setelah wilayah tropis yang dibatasi oleh garis balik utara dan garis balik selatan pada lintang 23,5° utara dan selatan dari garis ekuator. Kondisi iklim subtropis diwarnai dengan gangguan dan rintangan dari alam seperti badai, hujan salju, atau tornado.

Daerah beriklim subtropis memiliki 4 musim yaitu musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Keempat musim di atas memiliki karakteristik tersendiri, dengan suhu maksimal, suhu minimal, kelembapan, maupun kondisi mahluk hidup yang berbeda.

Daerah subtropis di belahan bumi utara meliputi:

  • Sebagian besar Eropa, kecuali Skandinavia.
  • Kawasan Asia Tengah, Asia Timur, dan Asia Barat sebelah utara.
  • Amerika Serikat dan sekelilingnya.
  • Afrika Utara.
BACA:  Morfologi Bunga Meliputi Pembentukan dan Perkembangannya

Sedangkan daerah di bagian selatan meliputi:

  • Australia
  • Bagian selatan Amerika Selatan
  • Bagian selatan Afrika Selatan


Ciri-Ciri

Berikut ini ada beberapa ciri atau karakteristik dari iklim subtropis yang perlu diketahui, di antaranya:

 
  • Mempunyai perbedaan kondisi cuaca yang ekstrem. Saat musim panas, terjadi radiasi panas yang terbilang cukup besar, sementara saat musim dingin tiba, radiasi dari panas sangatlah kecil.
  • Waktu di siang hari cenderung lebih lama saat musim panas apabila dibandingkan dengan waktu di malam hari. Sementara saat musim dingin, waktu di siang hari cenderung singkat apabila dibandingkan dengan waktu di malam hari.
  • Di iklim subtropis, tekanan udara cenderung lebih besar apabila dibandingkan dengan iklim tropis sehingga saat musim tertentu akan disertasi angin dataran yang cukup kuat atau kencang.
  • Kelembapan udara suatu kawasan dengan iklim subtropis ini lebih rendah, terutama saat musim dingin yang bersamaan dengan hujan salju. Hal itu karena di wilayah atau kawasan iklim subtropis memiliki 4 musim.
  • Karena tidak dekat dengan garis khatulistiwa, pada bagian utara pun sinar matahari berada di bagian selatan dan saat musim dingin, matahari acap kali tidak muncul.
BACA:  Mengenal Biografi Ilmuan: Isaac Newton

Efek
Perubahan iklim akan mengancam stabilitas bentuk kehidupan yang berada di wilayah iklim subtropis lembap. Gelombang panas dan badai yang sangat dahsyat diperkirakan akan memengaruhi taraf hidup segala jenis makhluk hidup yang ada di zona iklim subtropis ini.

Peningkatan panas akan berdampak buruk pada tumbuhan atau tanaman yang mengarah pada hasil yang cenderung kecil untuk beberapa jenis atau spesies. Bumi bagian utara telah terbukti cenderung lebih rentan akan pemanasan jika dibandingkan dengan bumi belahan selatan.

Penyakit yang berhubungan dengan panas dan kematian akan lebih berisiko karena lebih sulit untuk mendinginkan tubuhnya di wilayah iklim subtropis yang lembap. Selain itu, lazimnya gelombang panas karena perubahan iklim akan menimbulkan ancaman yang cenderung meningkat bagi siapapun yang tinggal dan menetap di iklim subtropis lembab ini.

BACA:  Alasan Negara-Negara Baru di Kawasan Asia dan Afrika Menyelenggarakan Konferensi Asia Afrika

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian Iklin Subtropis berserta Ciri dan Efeknya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

 

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET