Mengapa Air Liur Merupakan Alat Pertahanan Terhadap Suatu Penyakit

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:

Mengapa Air Liur Merupakan Alat Pertahanan Terhadap Suatu Penyakit

 

disimak baik-baik ya…

Pengertian Air Liur

Air liur atau air ludah dalam bahasa ilmiah dikenal dengan saliva adalah cairan bening yang dihasilkan di dalam mulut oleh manusia. Air liur sebagian besar diproduksi oleh tiga kelenjar utama yaitu kelenjar parotis, kelenjar sub lingual dan kelenjar sub mandibula.

Kelenjar air liur atau saliva terdapat pada kedua sisi pipi, bawah lidah, dan bawah rahang pada bagian mulut paling depan. Kelenjar ini setidaknya mampu memproduksi air liur sekitar dua sampai empat liter per hari.

Kelenjar saliva utama, yakni kelenjar parotis, sublingualis, dan submandibularis menyumbangkan sekitar 93% dari total produksi air liur, sedangkan kelenjar saliva kecil memproduksi 7% sisanya.

Kandungan Air Liur

Air Liur dalam mulut memiiki beberapa kandungan, diantaranya :
1. Elektrolit: terdiri dari ion natrium, kalium, kalsium, klorida, dan iodida dengan konsentrasi tertentu dalam air liur.
2. Bikarbonat: ada dalam konsentrasi tinggi untuk mempertahankan lingkungan alkalin (pH tinggi) dalam air liur.
3. Bakteriostat: terdiri dari bahan kimia yang mencegah perkembangan bakteri, termasuk lisozim, laktoferin, imunoglobulin A, dan laktoperoksidase.
4. Lendir: berfungsi membantu melembapkan isi makanan dan memudahkan menelan.
5. Enzim: terdiri dari enzim amilase, lipase lingual, dan kalikrein.

BACA:  Pengertian Essay Meliputi Struktur dan Cara Menulis Essay

Fungsi Air Liur
Air Liur dalam mulut memiiki beberapa fungsi, diantaranya :
1. Membantu proses pencernaan makanan
Kelenjar saliva memproduksi air liur untuk membasahi dan melarutkan makanan sehingga lebih mudah untuk mencerna makanan. air liur memecah makanan dengan bantuan enzim amilase. Enzim inilah membantu memecah kandungan pati dalam makanan.

2. Membersihkan dan melindungi mulut
air liur mengandung sekelompok protein yang bersifat bakteriostatik, yang berarti protein-protein tersebut mampu menekan perkembangbiakan serta membunuh bakteri dan jamur dalam mulut.

 

3. Mencegah kerusakan gigi
Air liur juga membawa mineral yang membantu remineralisasi gigi, yakni proses membangun kembali permukaan email gigi dan membantu menetralkan keasaman di dalam rongga mulut. Kondisi mulut yang terlalu asam bisa merusak lapisan email gigi dan menyebabkan kerusakan gigi.

BACA:  Sungai Nil: Etimologi, Letak Geografi dan Karakteristiknya

4. Mencegah mulut kering
Air liur juga membantu mencegah terjadinya masalah mulut kering. Produksi air liur dengan mengunyah permen karet tanpa gula atau minum lebih banyak air putih.

Mengapa Air Liur Merupakan Alat Pertahanan Terhadap Suatu Penyakit

Air liur merupakan sistem pertahanan tubuh non spesifik yang terdapat di rongga mulut. Air liur termasuk pada pertahanan kimia karena dapat menghancurkan bakteri yang masuk ke dalam rongga mulut. Jika tidak ada air liur maka gigi dan gusi akan mudah terserang penyakit akibat dari bakteri yang masuk bersamaan dengan makanan yang dimakan.

 

Air Liur mengandung protein lisozim sebagai protein anti mikroba. Enzim tersebut menghidrolisis dinding sel patogen sehingga sel kemudian pecah dan mati.

BACA:  Bagaimana Proses Terbentuknya Benua

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal

Mengapa Air Liur Merupakan Alat Pertahanan Terhadap Suatu Penyakit

Jika masih ada yang belum jelas atau ada yang ingin di tanyakan kembali, silahkan comment di kolom komentar ya…

Semangat Belajar, Good Luck.

Ref : hellosehat.com

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET