Perbedaan Kotoran dan Noda

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Perbedaan Kotoran dan Noda
disimak baik-baik ya…

 

Seringkali kotoran dan noda dianggap adalah hal yang sama, tetapi ternyata kotoran berbeda dengan noda.

Pengertian Kotoran
Kotoran dapat diartikan sebagai sisa pencernaan dan metabolisme yang dikeluarkan dari tubuh hewan atau manusia berupa tinja. Selain itu kotoran juga dapat diartikan sebagai sesuatu yang menyebabkan kotor, berupa noda, bintik-bintik, daki, dan lain sebagainya. Jadi pengertian kotoran adalah sesuatu yang dapat menyebabkan kotor pada suatu objek yang bisa berasal dari manusia, hewan, kuman atau lainnnya.

Jenis-Jenis Kotoran
Berikut ini ada 4 jenis kotoran, sebgai berikut:
1. DUST / DEBU
Partikel kering yang sangat kecil dari zat seperti pasir atau batu.
2. FILTH
Kotoran yang menjijikan atau berlebihan contoh tinja.
3. SOIL
Kotoran yang terdiri dari produk yang tidak dikonsolidasi, dileburkan, terurai atau pun mengalami pembusukan organik oleh bakteri dan jamur di dalam tanah contoh sampah plastik.
4. GRIME
Kotoran yang biasanya terakumulasi dalam lapisan berwana hitam yang muncul ke permukaan contoh kerak pada lantai.

BACA:  Sejarah Berdirinya dan Peninggalan Kerajaan Tarumanegara

Pengertian Noda
Menurut KBBI yang dimaksud dengan noda adalah noktah yang menyebabkan kotor atau bercak Noda. Noda lebih luas dapat diartikan sebagai gangguan warna yang dapat dibedakan dengan mudah dari permukaan, bahan, atau media tempat noda ditemukan. Noda diakibatkan oleh pertemuan dua bahan yang berbeda secara kimia atau fisika.

Jenis-Jenis Noda
Berikut ini ada 4 jenis Noda yang ada pada pakaian, sebagai berikut:
1. Noda Lemak
Noda ini bisa dihilangkan dari baju katun dengan mencucinya dengan air hangat yang dicampur sodium. Sementara itu, pada baju-baju berbahan sutra, baik yg alami maupun yg sintetis, noda lemak bisa dihilangkan dengan bensin
2. Noda Keringat
Noda keringat sering terjadi di musim panas bisa dihilangkan dengan larutan penghilang warna jika memang baju yang terkena noda ini tidak berwarna atau berbahan katun putih sedangkan untuk bahan berwarna dan berbahan selain katun, noda bisa dihilangkan dengan larutan ultraoksida edrogen (air oksigen) yang telah dibubuhi amonia.
3. Noda Teh dan Kopi
ika baju yang terkena noda teh dan kopi berasal dari katun atau kapas, rendamlah pada larutan panas dari asam tartaric atau di dalam larutan panas dari boraks.
4. Noda Darah
Noda darah jika mengenai kain-kain katun berwarna dan bahan-bahan lainnya maka rendamlah kain-kain tersebut di dalam larutan boraks yang panas.
5. Noda Buah-buahan
Noda buah-buahan bisa diatasi dengan karutan boraks yang telah didihkan selamalima menit atau dengan larutan penghilang warna.
7. Noda Tinta dan Susu di Baju Anak-Anak
Untuk mengatasi masalah noda susu, letakkan bagian yang ternoda di atas sebongkah es agar membekukan noda tersebut dan menghilangkan susu. Jika masih ada bekas-bekas yang tertinggal maka hilangkan dengan asetat atau asam cuka asam
8. Noda Oksidan
Jika pakaian yang ternoda ini berasal dari bahan katun atau kapas dan berwarna putih maka basahilah kain yang ternoda, lalu letakkan diember kecil dan siram dengan air mendidih, kemudian tambahkan lapisan asam lemonik dan kucek dengan lembut.

 
BACA:  Latar Belakang dan Isi Dekret Presiden 5 Juli 1959

Perbedaan Kotoran Dan Noda
Noda memiliki jumlah yang sedikit atau tampak samar – samar contoh bercak atau berbintik sedangkan Kotoran memiliki Jumlah yang lebih banyak contohnya berkerak atau berkarat.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Perbedaan Kotoran dan Noda
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET