Mengenal Apa Itu Energi Kimia Beserta Macamnya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Mengenal Apa Itu Energi Kimia Beserta Macamnya
disimak baik-baik ya…

 

Energi kimia adalah energi yang dihasilkan oleh senyawa kimia yang stabil akibat interaksi elektron antar atom atau antar molekul.

Energi kimia juga didefinisikan sebagai potensi suatu zat kimia untuk mengalami reaksi kimia lalu berubah menjadi zat lain. Wujud energi kimia hanya dapat terjadi dalam alat penyimpanan energi.

Wujud energi kimia hanya dapat terjadi dalam suatu alat penyimpanan energi. Reaksi yang ditimbulkan oleh energi kimia terbagi menjadi reaksi endotermis dan reaksi eksotermis. Energi kimia dapat dinyatakan dalam satuan kiloJoule, satuan panas Britania, atau kiloKalori.

BACA:  Mengenal Arus Bolak-Balik Dalam Ilmu Fisika

Macam-macam Energi Kimia adalah sebagai berikut:
1. Energi Kimia menjadi Energi Listrik
Ada energi listrik dapat diubah menjadi energi kimia dan sebaliknya melalui reaksi elektrokimia. Ada energi listrik dapat diubah menjadi energi kimia dan sebaliknya melalui reaksi elektrokimia.

Proses reduksi dan oksidasi di mana terjadi pelepasan atau penerimaan elektron dihasilkan energi listrik.

 

Oksidasi adalah reaksi pelepasan elektron. Sementara reduksi adalah reaksi penerimaan elektron. Proses serah terima elektron itu akan menghasilkan energi listrik.

2. Energi Kimia menjadi Energi Panas
Reaksi kimia yang menghasilkan energi panas menjadi pembahasan termokimia.

Menurut hukum kekekalan energi, energi tidak dapat dimusnahkan atau diciptakan artinya energi alam semesta adalah tetap, hanya bentuknya saja yang berubah.

BACA:  Sebuah Pengungkit Digunakan Untuk Mengangkat Batu yang Massanya 50kg. Jika Panjang Pengan Kuasa 150cm, Lengan Beban 30 cm, dan g=10N/kg, Hitung Gaya Kuasa dan Keuntungan Mekanisnya

Dalam termokimia, ada dua jenis reaksi berdasarkan perubahan panas yang terjadi:
a. Eksoterm
Reaksi eksoterm terjadi ketika ada sejumlah panas yang dilepaskan sistem ke lingkungan. Jika zat atau sistem menyerap kalor maka energi dalamnya akan bertambah dan getaran atau gerakan molekulnya akan bertambah.

 

b. Endoterm
Reaksi endoterm terjadi ketika ada sejumlah panas yang diserap sistem dari lingkungan. Energi dalam suatu zat atau sistem juga dapat berubah jika mereka melakukan atau menerima kerja (usaha luar).

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Mengenal Apa Itu Energi Kimia Beserta Macamnya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2024 GURULESPRIVAT.NET