Pengertian Sistem Ekskresi dan Gangguan yang bisa terjadi pada Sistem Ekskresi

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian Sistem Ekskresi dan Gangguan yang bisa terjadi pada Sistem Ekskresi
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Sistem Ekskresi
Sistem ekskresi adalah sistem yang bertanggung jawab untuk memproses dan metabolisme produk limbah dan racun dan kemudian mengeluarkannya dari tubuh. Memang, produk limbah dan racun ini dapat menyebabkan masalah kesehatan jika tidak dikeluarkan dari tubuh.

Sistem ekskresi adalah sistem pembuangan zat-zat sisa pada makhluk hidup seperti karbon dioksida, urea, racun dan lainnya. Sistem ekskresi terdiri dari organ ginjal, paru-paru, hati, dan kulit. Ekskresi merupakan proses pengeluaran zat sisa metabolism dari dalam tubuh.

Ekskresi adalah salah satu dari empat macam proses pengeluaran, yang lainnya adalah sekresi, inkresi, dan defekasi. Osmoregulasi berkaitan erat dengan proses ekskresi, karena proses ekskresi juga mengeluarkan air dari tubuh, dalam bentuk urine dan keringat.

BACA:  Unsur Berita yang Digunakan Untuk Mengungkapkan Proses Terjadinya Peristiwa

Gangguan Sistem Ekskresi
Macam-macam gangguan sistem ekskresi adalah sebagai berikut:

1. Batu Ginjal
Batu ginjal adalah gangguan di mana garam kalsium disimpan di rongga ginjal, saluran ginjal, atau kantung kemih. Batu ginjal muncul sebagai kristal yang tidak larut.

 

2. Penyakit Kuning
Penyakit kuning adalah penyakit yang disebabkan oleh saluran empedu tersumbat yang mencegah empedu mengalir ke duodenum. Cairan empedu dan juga kemudian di dalam darah dan warna darah menjadi kuning.

3. Diabete Melitus
Seseorang dapat terkena diabetes karena pankreas tidak memproduksi insulin atau menghasilkan sedikit insulin. Dalam kondisi ini, konsentrasi glukosa dalam urin dan darah pasien sangat tinggi, sehingga harus sangat berhati-hati agar tidak mempengaruhi penyakit lain.

BACA:  Cara Menuang Larutan Kimia dari Botol ke Gelas Beker Agar Terhindar dari Kecelakaan

4. Biang Keringat
Biang keringat adalah kelainan yang menyerang organ kulit. Biang keringat terjadi karena kelenjar keringat tersumbat. Kondisi ini menyebabkan kulit tampak merah dan disertai rasa gatal.

5. Albuminuria
Albuminuria adalah penyakit ginjal yang ditandai dengan tingginya kadar albumin dalam urin. Albumin adalah protein, teman-teman. Kondisi ini terjadi karena terlalu banyak albumin karena bagian dari glomerulus berperan dalam menyaring darah.

 

6. Nefritis
Nefritis disebabkan oleh infeksi bakteri Streptococcus nefritis. Infeksi ini dapat menyebabkan urin asam dan urea kembali ke pembuluh darah, serta retensi air di kaki karena penyerapan air yang buruk.

7. Uretris
Salah satu penyakit yang dapat menyerang ureter adalah uretritis. Uretritis dapat didefinisikan sebagai peradangan pada ureter yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus.

BACA:  Mengenal Pahlawan Nasional I Gusti Ketut Jelantik dan Perjuangannya

8. Pneumonia
Pneumonia disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, atau jamur di alveoli. Akibatnya oksigen menjadi sulit masuk karena alveolus tempat pertukaran dipenuhi cairan.

9. Asma
Asma merupakan gangguan paru-paru yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Asma disebabkan oleh penyempitan saluran udara di paru-paru. Penderita asma sering mengalami sesak napas atau bahkan sesak dada.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian Sistem Ekskresi dan Gangguan yang bisa terjadi pada Sistem Ekskresi
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2024 GURULESPRIVAT.NET