Bagaimana Cara Menghargai dan Melaksanakan Hak dan Kewajiban Asasi Manusia?

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:

 

Bagaimana Cara Menghargai dan Melaksanakan Hak dan Kewajiban Asasi Manusia?

disimak baik-baik ya…

UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mengamanatkan seluruh rakyat Indonesia untuk menghormati hak orang lain, yang dimana pada pasal 28 berbunyi “Setiap orang wajib menghormati hak asasi manusia orang lain dalam tertib kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara”. Pasal tersebut mengandung pengertian bahwa sudah sewajibnya kita menghormati hak-hak orang lain dan kemudian kita wajib memperjuangkan hak asasi diri sendiri maupun sesama.

Hak asasi manusia adalah hak yang didapatkan seseorang sejak lahir yang tidak dapat diambil atau diserahkan kepada orang lain. Hak asasi manusia (HAM) adalah hak yang dimiliki setiap manusia di seluruh dunia, tanpa memandang suku, bangsa, ras, agama, dan status sosial. HAM berkaitan dengan hak umat manusia sejak lahir.

BACA:  Karakteristik Zaman Paleolitikum dan Peninggalannya

Sikap positip terhadap upaya pemerintah dan lembaga lembaga perlindungan HAM dalam penegakan HAM di Indonesia dapat berupa perilaku aktif warga negara secara individual atau kelompok dalam ikut menyelesaikan masalah pelanggaran HAM, baik yang bersifat lokal, nasional maupun internasional sesuai dengan kemampuan dan prosedur yang telah ditentukan.

 

Berbagai sikap positif yang dapat kita tunjukan dalam upaya penegakan dan perlindungan HAM diantaranya adalah :

1. Menghargai dan melaksanakan hak dan kewajiban asasi manusia dalam lingkungan sekolah, diantaranya menghormati pendapat teman.
2. Menghargai dan melaksanakan hak dan kewajiban asasi manusia dalam lingkungan pergaulan, seperti bergaul dengan tidak membeda-bedakan teman.
3. Menghargai dan melaksanakan hak dan kewajiban asasi manusia dalam lingkungan masyarakat, diantaranya Mengunjungi tetangga yang sakit.

BACA:  Pengertian Sinonim Meliputi Jenis dan Manfaatnya dalam Tata Bahasa

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal

Bagaimana Cara Menghargai dan Melaksanakan Hak dan Kewajiban Asasi Manusia?

 

Jika masih ada yang belum jelas atau ada yang ingin di tanyakan kembali, silahkan comment di kolom komentar ya…

Semangat Belajar, Good Luck.

Ref : buguruku.com ; katadata.co.id

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET