Ketahui : Perbedaan Titik Didih dan Titik Lebur

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Perbedaan Titik Didih dan Titik Lebur
disimak baik-baik ya…

 

Titik Didih
Titik didih adalah suhu atau temperatur ketika tekanan uap sebuah zat cair sama dengan tekanan eksternal yang dialami oleh cairan. Sebuah cairan di dalam vacuum akan memiliki titik didih yang rendah dibandingkan jika cairan itu berada di dalam tekanan atmosfer. Cairan yang berada di dalam tekanan tinggi akan memiliki titik didih lebih tinggi jika dibandingkan dari titik didihnya di dalam tekanan atmosfer.

Titik didih normal atau juga dinamakan titik didih atmospheris dari sebuah cairan merupakan kasus istimewa dimana tekanan uap cairan sama dengan tekanan atmospher di permukaan laut, satu atmosphere. Pada suhu ini, tekanan uap cairan mampu mengatasi tekanan atmospher dan membentuk gelembung di dalam massa cair. Pada saat ini (per 1982) Standar Titik Didih yang ditetapkan oleh IUPAC adalah suhu dimana pendidihan terjadi pada tekanan 1 bar.

BACA:  Apa itu Biofuel: Pengertian dan Jenisnya

Pada tekanan dan temperatur udara standar(76 cmHg, 25 °C) titik didih cairan sebesar 100 °C.

Titik Lebur
Titik lebur dari sebuah benda padat adalah suhu di mana benda tersebut akan berubah wujud menjadi benda cair. Ketika dipandang dari sisi yang berlawanan dari cair menjadi padat disebut titik beku.

Titik lebur adalah suhu di mana suatu zat berubah dari padat menjadi cair dan setiap padatan murni memiliki titik lelehnya sendiri dan berbeda dari bahan lain.

 

Pada sebagian besar benda, titik lebur dan titik beku biasanya sama. Contoh, titik lebur dan titik beku dari “raksa” adalah 234,32 kelvin (-38,83 °C atau -37,89 °F) Namun, beberapa subtansi lainnya memiliki temperatur beku <–> cair yang berbeda. Contohnya “agar-agar”, mencair pada suhu 85 °C (185 °F) dan membeku dari suhu 32-40 °C (89,6 – 104 °F); fenomena ini dikenal sebagai hysteresis.

BACA:  Palung Mariana: Fakta, Letak dan Kedalaman

Faktor yang mempengaruhi titik lebur suatu zat adalah tekanan atmosfer dan kemurnian suatu zat.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Perbedaan Titik Didih dan Titik Lebur
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET