Pengertian Tema dalam Teks Anekdot

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang apa itu Tema dalam Teks Anekdot. Disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Teks Anekdot
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) teks anekdot adalah sebuah cuplikan cerita singkat yang memiliki daya tarik karena ada kandungan humor yang membuat orang terkesan. Selain itu, teks anekdot biasanya juga membahas orang penting atau terkenal dan tentunya berdasarkan kejadian yang sebenarnya.

Sebuah penelitian yang dirangkum dalam buku yang berjudul Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan karya Taufiqur Rahman bahwa teks anekdot adalag teks yang sering mengangkat topik terkait politik, lingkungan, sosial, layanan umum, dan kebiasaan banyak orang. Dalam buku tersebut juga disebutkan bahwa teks anekdot adalah teks yang memiliki bentuk dialog singkat dari dua tokoh.

BACA:  Pengertian Sel Meliputi Sejarah Perkembangan dan Strukturnya

Pengertian Tema
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Tema adalah pokok pikiran atau dasar cerita yang dipercakapkan, dipakai sebagai dasar mengarang, menggubah sajak dan lain sebagainya.

Sedangkan nama lain dari tema dalam teks anekdot adalah topik yang merupakan gagasan dasar dari sebuah teks anekdot.

Penggolongan Tema
Dikutip dari literarydevices.net, terdapat dua jenis tema, yakni :

 

1. Tema Utama atau Mayor
Adalah ide yang diulang-ulang oleh seorang penulis dalam karya sastranya dan menjadikannya sebagai yang paling signifikan dalam karya tersebut.

2. Tema tambahan atau minor
Adalah ide lain yang mengacu pada ide utama sebuah karya, ide ini dapat menggantikan tema minor lainnya.

BACA:  Pengertian, Jenis dan Contoh Majas Penegasan

Pebedaan Tema dengan Judul
Dilansir dari Kumparan.com, berikut adalah perbedaan pengertian Tema dan Judul

Judul merupakan nama yang digunakan sebagai identitas atau cermin dari jiwa sebuah karya tulis untuk menjelaskan dan menarik perhatian pembaca. Judul biasa disebut dengan lukisan singkat suatu tulisan karena dibuat dengan padat dan ringkas.

 

Tema adalah amanat utama atau pokok bahasan yang disampaikan penulis untuk menentukan arah tulisan atau tujuan dari sebuah karya tulis

Syarat-Syarat Tema yang Baik
Terdapat syarat-syarat ayng harus dipenuni apabila ingin membuat sebuah tema yang baik dalam sebuah karya tulis, diantaranya adalah

1. Menarik perhatian;
2. Dikuasai secara baik;
3. Gunakan tema yang mudah yang memiliki banyak referensi;
4. Ruang lingkup yang terbatas;

BACA:  Urutan Lapiran Matahari dalam Ilmu Geografi

Pengertian Tema dalam Teks Anekdot
Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahka tema dalam teks anekdot adalah gagasan atau ide pokok yang menjadi dasar di buatnya sebuah teks anekdot yang merupakan cerita singkat yang memiliki kandungan humor.

Nah demikian pembahasan kita kali ini tentang Pengertian Tema dan Teks Anekdot, jika masih ada yang belum jelas atau ada yang ingin di tanyakan kembali, silahkan comment di kolom komntar ya,,,

Semangat Belajar, Good Luck.

BACA JUGA:

© 2024 GURULESPRIVAT.NET