Cara Stroberi Berkembang Biak Dengan Vegetatif Alami dan Buatan

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang :
Stroberi Berkembang Biak Dengan Vegetatif Alami dan Buatan
Disimak baik-baik ya…

 

Asal Usul Stroberi

Storberi berada dalam Famili Rosaceae dengan Genus Fragaria.

Strawberry tumbuh liar di Italia sejak 234 SM dan ditemukan di Virginia oleh orang Eropa pertama ketika kapal mereka mendarat di sana pada 1588. Pada zaman Yunani kuno buah ini diangkat sebagai lambang dewi cinta.

Pada abad ke-13, Perancis mulai mencangkok varietas stroberi kayu (fragraria vesca) dari hutan belantara ke kebun. Varietas ini diketahui merupakan jenis stroberi asli pertama di dunia.

Stroberi mulai ditanam di Indonesia pada pertengahan 1990-an. Stroberi banyak ditanam di dataran tinggi di Indonesia, menyesuaikan kondisi iklim sekitar. Dan saat ini telah banyak ditemukan di banyak daerah di Indonesia.

 
BACA:  Tanaman Kapri Berbunga Merah Disilangkan Dengan Kapri Berbunga Putih, F1 100% Berupa Kapri Berbunga Merah. Hal Ini Menunjukan Bahwa?

Perkembangbiakan Stroberi
Tumbuhan stroberi berkembang biak dengan cara Geragih atau Stolon.

Perkembangbiakan secara geragih atau stolon merupakan salah satu perkembangbiakan vegetatif alami yang melalui batang yang tumbuh menjalar di atas maupun di bawah permukaan tanah.

Ciri dari tanaman yang berkembang biak secara geragih adalah batangnya beruas-ruas dan ruas tersebut akan tumbuh tunas dan akar yang baru.

1. Vegetatif Alami
Cara perkembangbiakan stroberi dalam vegetatif alami adalah menumbuhkan batang dan membuat menjalar pada permukaan tanah. Setelah proses pertumbuhan tanaman baru yang semakin memanjang saat semakin jauh dari induk akan membentuk tanaman baru.

 

Salah satu alasan cara vegetatif alami bisa dilakukan dalam stroberi adalah setiap ruas yang mengakar dan membentuk akar baru memberikan nutrisi yang cukup membentuk tunas baru. Oleh karena itulah sebagian besar tumbuhan memiliki ruas dan membentuk akar baru tidak bergantung kepada induk.

BACA:  Latar Belakang dan Isi Dekret Presiden 5 Juli 1959

2. Vegetatif Buatan
Cara mengembangkan stroberi secara vegetatif buatan dengan mengatur suhu yang tepat untuk habitat mereka. Seperti beriklim sub tropis di dataran tinggi dan memiliki curah hujan sedang.

Suhu ideal untuk menanam stroberi menjadi subur memerlukan suhu udara berkisar 17-22 derajat celcius.

Nah, demikian pembahasan kita kali ini tentang :

Cara Stroberi Berkembang Biak Dengan Vegetatif Alami dan Buatan

Jika masih ada yang belum jelas atau ada yang ingin ditanyakan kembali, silahkan comment di kolom komentar ya,,,

Semangat Belajar, Good Luck.

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET