Perbedaan Cara Menanggapi Rangsangan Pada Hewan dan Tumbuhan

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Perbedaan Cara Menanggapi Rangsangan Pada Hewan dan Tumbuhan
disimak baik-baik ya…

 

Setiap makhluk hidup mempunyai kemampuan untuk menerima dan menanggapi rangsang. Kemampuan menanggapi rangsangan pada makhluk hidup disebut iritabilitas. Rangsangan itu dapat berupa rangsangan cahaya, suhu, air, sentuh suara, bau, atau makanan.

Setiap makhluk hidup mempunyai kemampuan menanggapi rangsang dengan cara yang berbeda-beda. Kepekaan terhadap rangsang menunjukkan bahwa di dalam tubuh makhluk terjadi proses pengaturan. Rangsangan tersebut merupakan rangasangan dari luar tubuh. Sedangkan rangsangan dari dalam tubuh misalnya ingin buang air karena kantong kemih penuh dengan urin atau rasa lapar karena sudah saatnya Makan (Syamsuri, 2004).

BACA:  Mengenal 4 Musim yang Ada di Dunia

Cara Hewan Menanggapi Rangsangan
Hewan dan manusia mempunyai indera. Melalui indera inilah hewan dan manusia mengetahui rangsangan dari lingkungannya. Beberapa jenis hewan mempunyai alat indra yang berfungsi menerima dan memberi tanggapan terhadap rangsang, misalnya mata menerima rangsang cahaya, telinga menerima rangsang suara, hidung menerima rangsang bau, dan kulit menerima rangsang sentuhan.

Cara Tumbuhan Menanggapi Rangsangan
Tumbuhan menanggapi rangsang dengan gerak karena tumbuhan tidak mempunyai indra seperti pada manusia atau hewan. Namun, tumbuhan juga mampu menerima dan menanggapi rangsang, antara lain rangsang cahaya, zat-zat kimia, unsur-unsur hara, dan gravitasi.

Untuk menanggapi rangsangan, tumbuhan melakukan gerakan yang mungkin menuju ke arah rangsang, menjauhi rangsang, atau hanya sekedar melakukan gerak tanpa menunjukkan ke arah tertentu. Gerak pada tumbuhan karena pengaruh rangsang terbagi menjadi dua yakni gerak esionom dan gerak endonom.

 
BACA:  Pengertian dan Cara Mengatasi Limbah

Gerak esionom adalah gerak yang dipengaruhi karena adanya rangsangan dari luar dan dibedakan menjadi tiga, yaitu tropisme, taksis, dan nasti. Sedangkan Gerak endonom adalah gerak yang disebabkan oleh rangsang dari dalam. Gerak endonom disebut juga gerak otonom atau gerak spontan. Contohnya, gerak kloroplas dalam sel tumbuhan Hydrilla verticillata, pecahnya buah polong-polongan, membukanya kotak-kotak sporangium tumbuhan paku.

Kesimpulan
1. Hewan memiliki alat indera untuk dapat peka terhadap rangsangan sehingga hewan dapat melihat, mendengar, mencium, mengecap, merasa dan meraba.

2. Tumbuhan menanggapi rangsang dengan gerak. Tumbuhan mampu menerima dan menanggapi rangsang, antara lain rangsang cahaya, zat-zat kimia, unsur-unsur hara, dan gravitasi.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Perbedaan Cara Menanggapi Rangsangan Pada Hewan dan Tumbuhan
Semangat Belajar, Good Luck. ^-

 

BACA JUGA:

© 2024 GURULESPRIVAT.NET