Mengetahui Zat Makanan yang Berperan Sebagai Sumber Energi

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang Mengetahui Zat Makanan yang Berperan Sebagai Sumber Energi. Disimak baik-baik ya…

 

Makanan adalah sumber energi bagi makhluk hidup. Tanpa makanan, makhluk hidup tidak akan memiliki energi dan tanpa energi, kita tidak akan memiliki kekuatan atau kemampuan untuk melakukan usaha atau kerja sehingga manusia sangat membutuhkan energi untuk bergerak, bekerja bahkan bernafas hanya bisa dilakukan jika kita memiliki energi.

Berikut ini adalah Zat makanan yang Berperan sebagai Sumber Energi bagi Manusia

1. Karbohidrat
Karbohidrat merupakan senyawa kimia yang tersusun atas unsur-unsur karbon. Karbohidrat berperan sebagai sumber energi, dalam 1 gram karbohidrat setara dengan 4 kilo kalori.

Contoh makanan yang mengandung karbohidrat adalah beras, jagung, kentang, gandum, umbi-umbian, dan buah-buahan yang rasanya manis.

BACA:  Alasan Penyebab Warna Langit Berawarna Biru

2. Protein
Protein merupakan senyawa kimia yang mengandung unsur C, H, O, dan N. Terkadang juga mengandung unsur P dan S. Protein terbagi menjadi dua yakni protein nabati dan protein hewani.

 

Protein nabati adalah protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, contohnya kacang-kacangan, tahu, tempe, dan gandum.

Protein hewani adalah protein yang berasal dari hewan, contohnya daging, ikan, telur, susu, dan keju. Selain sebagai sumber energi, protein juga berfungsi sebagai pembangun sel jaringan tubuh dan pengganti sel tubuh yang rusak.

3. Lemak

Lemak merupakan senyawa kimia yang mengandung unsur C, H, dan O. Peran lemak untuk menyediakan energi sebesar 9 kalori atau gram, melarutkan vitamin A, D, E, K, dan menyediakan asam lemak esensial bagi tubuh manusia. Lemak mulai dianggap berbahaya bagi kesehatan setelah suatu penelitian menunjukkan hubungan antara kematian akibat jantung koroner dengan banyak konsumsi lemak dan kadar lemak di dalam darah. Sama seperti Protein, Lemak juga terbagi dua yakni lemak nabati dan lemak hewani.

BACA:  Kunci Jawaban Bhs. Indonesia Kelas 9 Hal. 25 Kegiatan 3 Latihan Kebahasaan

Lemak Nabati yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, contohnya kelapa, kemiri, kacang-kacangan, dan buah alpukat.

Lemak hewani yang berasal dari hewan, contohnya keju, susu, daging, kuning telur, daging sapi, daging kambing, daging ayam, dan daging bebek.

 

Fungsi lemak diantaranya adalah :
1. Sumber energi dimana 1 gram lemak setara dengan 9 kilo kalori
2. Pelarut vitamin A, D, E, dan K
3. Sebagai pelindung organ tubuh
4. Melindungi tubuh dari suhu yang rendah

Zat makanan yang paling banyak menghasilkan energi tiap gramnya jika dioksidasi adalah Karbohidrat, pembahasannya adalah sebagai berikut :

Karbohidrat umumnya hanya menghasilkan sekitar 4,1 kalori/gramnya sementara Lemak dapat menghasilkan energi sampai 9,3 kalori/gramnya. Lemak merupakan penghasil energi terbesar.

BACA:  Pengertian, Sejarah dan Morfologi Kaktus

Akan tetapi dibandingkan dengan karbodirat, karbohidrat lebih mudah dan lebih cepat dibakar menghasilkan energi dibandingkan dengan lemak. Karena itu, meskipun menghasilkan energi terbesar, lemak bukanlah zat penghasil energi utama bagi tubuh.

Nah demikian pembahasan kita kali ini tentang Mengetahui Zat Makanan yang Berperan Sebagai Sumber Energi.

Jika masih ada yang belum jelas atau ada yang ingin ditanyakan kembali, silahkan comment di kolom komentar ya,,,

Semangat Belajar, Good Luck.

sumber : kompas.com ; situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET