Mengenal Biografi Ilmuan: Albert Einstein

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Mengenal Biografi Ilmuan: Albert Einstein
disimak baik-baik ya…

 

Albert Einstein (/ˈaɪnstaɪn/ EYEN-styne; bahasa Jerman:ˈalbɛɐ̯t ˈʔaɪnʃtaɪn adalah fisikawan teoretis kelahiran Jerman, secara luas diakui sebagai salah satu fisikawan terbesar sepanjang masa. Albert Einstein adalah orang yang sangat jenius sehingga selama masa hidupnya sudah melakukan banyak penelitian dan sudah banyak menemukan berbagai macam temuan, seperti teori relativitas, teori kesetaraan massa dan energi, dan masih banyak lagi.

Teori relativitas yang diciptakan oleh Albert Einstein secara garis besar merupakan cara untuk melihat hukum-hukum alam yang seolah-olah seperti hukum-hukum geometri yang diterapkan pada dunia fisik.

Albert Einstein lahir di Ulm, Kerajaan Württemberg, Kekaisaran Jerman, pada tanggal 14 Maret 1879. Orang tuanya adalah Hermann Einstein, seorang agen penjualan dan insinyur, dan Pauline Koch. Pada tahun 1880, keluarganya pindah ke Munich, tempat ayah Einstein dan pamannya Jakob mendirikan Elektrotechnische Fabrik J. Einstein & Cie, sebuah perusahaan yang memproduksi peralatan listrik dengan memanfaatkan arus searah.

BACA:  Pengertian Inflasi, Penyebab dan Penggolongannya

Pendidikan dan Karir Albert Einstein
Setelah lulus pada tahun 1900, Einstein menghabiskan waktu hampir dua tahun mencari kerja mengajar. Ia memperoleh kewarganegaraan Swiss pada bulan Februari 1901, tetapi karena alasan medis, ia diizinkan tidak ikut wajib militer. Dengan bantuan ayah Marcel Grossmann, ia mendapatkan pekerjaan di Bern di Kantor Federal untuk Kekayaan Intelektual, atau kantor paten, sebagai asisten penguji – tingkat III.

Einstein mengevaluasi permohonan paten untuk berbagai perangkat, termasuk penyortir kerikil dan mesin tik elektromekanika.Pada tahun 1903, ia menjadi karyawan tetap di Kantor Paten Swiss, meskipun ia tidak bisa dipromosikan sampai ia “sepenuhnya menguasai teknologi mesin.

 

Pada tahun 1900, makalah Einstein berjudul “Folgerungen aus den Capillaritätserscheinungen” (“Kesimpulan dari Fenomena Kapilaritas”) diterbitkan dalam jurnal Annalen der Physik. Pada 30 April 1905, Einstein menyelesaikan tesisnya, dibimbing oleh Alfred Kleiner, Profesor Fisika Eksperimental. Setelah itu, Einstein dianugerahi gelar PhD oleh Universitas Zürich, dengan tesis berjudul Determinasi Baru Dimensi Molekuler.

BACA:  Mengenal Pengertian dan Jenis-Jenis Hujan dalam Kehidupan Manusia

Pada tahun yang sama, yang dikenal sebagai annus mirabilis (tahun mukjizat) Einstein, ia menerbitkan empat makalah terobosan mengenai efek fotolistrik, gerak Brown, relativitas khusus, dan kesetaraan massa dan energi, yang membuatnya dikenal oleh dunia akademis pada usia yang telatif muda yakni 26 tahun.

Pasangan Albert Einstein

Calon istri Einstein, seorang wanita Serbia berusia 20 tahun bernama Mileva Marić, juga diterima di Politeknik pada tahun tersebut. Marić adalah satu-satunya wanita dari enam siswa pada jurusan diploma pendidikan matematika dan fisika.

Einstein dan Marić menikah pada Januari 1903. Pada Mei 1904, putra mereka Hans Albert Einstein lahir di Bern, Swiss. Putra kedua, Eduard, lahir di Zürich pada bulan Juli 1910. Pasangan ini pindah ke Berlin pada bulan April 1914, tetapi Marić kembali ke Zürich bersama kedua putranya setelah mengetahui bahwa cinta sejati Einstein adalah Elsa, sepupunya sendiri. Keduanya bercerai pada 14 Februari 1919, setelah pisah rumah selama lima tahun.

BACA:  Pengertian Gerhana Bulan, Jenis dan Faktanya

Einstein menikahi Elsa Löwenthal pada tahun 1919,[45][46] setelah menjalin hubungan dengannya sejak 1912. Mereka berdua merupakan sepupu pertama dari pihak ibu dan sepupu kedua dari pihak ayah, Keduanya beremigrasi ke Amerika Serikat pada tahun 1933. Elsa didiagnosis masalah jantung dan ginjal pada tahun 1935 dan meninggal dunia pada bulan Desember 1936.

 

Albert Einstein Meninggal Dunia
Pada tanggal 17 April 1955 Einsten mengalami pendarahan di aneurisma aorta perut, yang sebelumnya sudah dilakukan pembedahan oleh Dr. Rudolph Nissen pada tahun 1948. Einsten meninggal dunia pada usia 78 tahun di Rumah Sakit Princeton.

Selama dilakukan autopsi dari ahli patologi Rumah Sakit Princeton, Thomas Stoltz Harvey menghapus otak Einstein untuk penelitian di bidang ilmu saraf mengapa seorang Einsten begitu cerdas dan jenius. Sesuai dengan ajaran Yahudi jasat einsten dikramasi dan abunya dibuang ditempat yang dirahasiakan oleh keluarganya.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Mengenal Biografi Ilmuan: Albert Einstein
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2023 GURULESPRIVAT.NET