Kegiatan Perdagagan di Indonesia pada Masa Hindu-Budha

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Kegiatan Perdagagan di Indonesia pada Masa Hindu-Budha
disimak baik-baik ya…

 

Pada masa Hindu-Budha kegiatan perdagangan di Indonesia terbagi menjadi dua, yakni perdagangan maritim dan perdagangan agraris. Perdagangan maritim dilakukan oleh kerajaan yang berada di pesisir sedangkan perdagangan agraris dilakukan oleh kerajaan yang berada di pedalaman.

Hindu dan Buddha merupakan agama resmi yang ada di Indonesia. Masuknya budaya Hindu-Buddha menyebabkan berubahnya tatanan pemerintahan di Indonesia. Hal itu dapat dilihat dari perubahan sistem pemerintahan di Indonesia dari kesukuan yang dipimpin oleh kepala suku menjadi kerajaan yang dipimpin oleh seorang raja. Perekonomian pada masa kerajaan Hindu-Buddha didominasi oleh kegiatan perdagangan yang terdiri atas perdagangan maritim dan agraris. Kerajaan dengan kegiatan perdagangan maritim memiliki ciri antara lain mengandalkan perdagangan dan pelayaran dalam menopang ekonomi kerajaan.

BACA:  Pengertian, Sifat dan Jenis Gaya dalam Ilmu Fisika

Dengan demikian, kerajaan dengan kegiatan perdagangan maritim memiliki ciri antara lain mengandalkan perdagangan dan pelayaran dalam menopang ekonomi kerajaan.

Perbedaan dari Kedua Perdagangan Tersebut Yakni Perdagangan Maritim merupakan Perdagangan yang dilakukan diwilayah Laut dan Perdagangan Agraris Merupakan Perdagangan yang Dilakukan Di Darat (Misalnya perdagangan antar Penduduk Desa atau Kota) pada Masa Hindu-Buddha.

Kerajaan maritim adalah kerajaan yang sebagian besar wilayahnya adalah perairan. Karena memiliki wilayah laut yang luas, kerajaan maritim memiliki angkatan laut yang kuat. Hal itu untuk mempertahankan wilayahnya sekaligus menjadi alat untuk menaklukan wilayah lain melalui perairan. Selain itu alat transportasi laut telah banyak digunakan untuk melakukan perdagangan.

 
BACA:  Mengenal Pahlawan Nasional Sultan Hasanuddin dan Perjuangannya

Ada beberapa kerajaan yang memiliki ciri-ciri sebagai kerajaan maritim diantaranya Kerajaan Kutai, Kerajaan Tarumanegara, Kerajaan Sriwijaya, dan Kerajaan Majapahit.

Perdagangan agraris biasa dilakukan kerajaan yang berada di pedalaman seperti Kerajaan Kerajaan Kutai, Tarumanegara, Mataram Kuno, Kediri, dan Singasari. Kerajaan agraris sangat bergantung pada sungai besar sebagai alat transportasi. Sungai Mahakam, Candrabaga, Bengawan Solo, dan Brantas merupakan sungai-sungai utama di wilayah Kepulauan Indonesia yang berperan penting dalam kegiatan perdagangan agraris.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Kegiatan Perdagagan di Indonesia pada Masa Hindu-Budha
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET