5 Kebudayaan Mesir Kuno bagi Perkembangan Kebudayaan Dunia

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
5 Kebudayaan Mesir Kuno bagi Perkembangan Kebudayaan Dunia
disimak baik-baik ya…

 

Sejarah Peradaban Mesir Kuno
Peradaban Mesir Kuno adalah salah satu Peradaban tertua di dunia, terletak di sebelah timur laut benua Afrika dan berpusat di daerah hilir sungai Nil. Peradaban ini dimulai sekitar tahun 3150 SM (Sebelum Masehi) dan terus berkembang selama kurang lebiih 3 minenium.

Peradaban Mesir Kuno dimulai pada akhir masa Paleolitik yang saat itu iklim di Afrika utara semakin panas dan kering. Penduduk di wilayah itu akhirnya berpindah ke sepanjang sungai Nil. Dataran sungai Nil yang subur menjadikannya sangat baik bagi manusia untuk pertanian.

BACA:  Mengenal Perbedaan Virus dengan Bakteri

Peradaban ini mulai mengalami kemunduran saat Mesir ditaklukan oleh kekuatan-kekuatan asing pada periode akhir. Kekuasaan firaun secara resmi dianggap berakhir pada sekitar 31 SM, ketika Kekaisaran Romawi menaklukkan dan menjadikan wilayah Mesir Ptolemaik sebagai bagian dari provinsi Romawi. Periode kekuasaan Romawi menimbulkan suatu perubahan politik dan agama secara bertahap di lembah Sungai Nil, yang secara efektif menandai berakhirnya perkembangan kejayaan peradaban Mesir Kuno.

Lima Kebudayaan Mesir Kuno bagi Perkembangan Kebudayaan Dunia
Bangsa Mesir merupakan bangsa yang maju pada zamannya. Hasil karya dari bangsa Mesir banyak yang masih bisa dilihat hingga masa sekarang, bahkan beberapa diantaranya memberikan inspirasi dan kontribusi bagi perkembangan ilmu pada zaman sekarang.

BACA:  Kalimat Majemuk Setara yang Menyatakan Penjumlahan, Pemilihan, dan Pertentangan

Berikut adalah lima kebudayaan Mesir Kuno yang hingga saat ini menjadi dasar atau acuan bagi perkembangan kebudayaan dunia:
1. Astronomi, yang digunakan untuk kegiatan pertanian untuk menandai masa bercocok tanam dan penunjuk arah.
2. Ilmu aksara, seperti ilmu hitung sederhana seperti perkalian, penjumlahan, pengurangan, pembagian. Ilmu ukur, perhitungan pecahan, konsep aljabar dan geometri, dan persamaan simultan dan Hieroglyph yang teknik pencatatannya sangat rapi dan menginspirasi sistem simbolisasi dalam peta.
3. Seni Bangunan, kemampuan membangun Piramida. Mereka bisa menentukan sudut yang paling aman terhadap gravitasi yaitu sudut 50 derajat.
4. Ilmu Pengobatan, yakni kemampuan dalam bidang penyakit malaria dan penyakit pencernaan, juga bisa menjahit luka, menyembuhkan tulang patah, dan melakukan amputasi.
5. Sistem irigasi, yang memanfaatkan sungai Nil untuk mengairi daerah gurun yang kering.

 
BACA:  Mengapa Kerajaan Singasari Bercorak Maritim

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
5 Kebudayaan Mesir Kuno bagi Perkembangan Kebudayaan Dunia
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2024 GURULESPRIVAT.NET