Pengertian Kloroplas Meliputi Struktur dan Fungsinya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian Kloroplas Meliputi Struktur dan Fungsinya
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Kloroplas
Kloroplas adalah organel sel tempat berlangsungnya fotosintesis. Kloroplas adalah bagian dari plastid yang mengandung klorofil. Di dalam kloroplas, berlangsung fase terang dan fase gelap dari fotosintesis tumbuhan. Kloroplas terdapat pada hampir seluruh tumbuhan, tetapi tidak umum dalam semua sel.

Kloroplas ini memiliki banyak bentuk yang berbeda-beda, pada setiap jenis tumbuhan. Hal ini tentunya disesuaikan dengan struktur bentuk tanaman itu sendiri. Meskipun memiliki bentuk yang berbeda, organel kloroplas ini semuanya memiliki fungsi yang sama. Tidak hanya itu, struktur yang membentuk kloroplas juga memiliki bagian yang sama.

BACA:  Proses Pembentukan Batuan Sedimen dan Klasifikasinya

Struktur Kloroplas
Beberapa struktur Kloroplas adalah sebagai berikut:

1. Ruang Antar Membran
Ruang antar membran terletak diantara membran luar dan dalam adalah tempat reaksi seluler yang penting, seperti siklus Krebs, oksidasi asam amino, dan oksidasi asam lemak. Di dalam matriks mitokondria juga terdapat materi genetik, yang dikenal sebagai DNA mitokondria (mtDNA), ribosom, ATP, ADP, fosfat anorganik, dan ion-ion seperti magnesium, kalsium, dan kalium.

2. Membran Bagian Luar
Struktur kedua kloroplas adalah membran lebar. Komponen ini digunakan untuk mengatur keluar masuknya material padat atau cair pada membran.

 

3. Membran Bagian Dalam
Bagian ketiga dari kloroplas adalah membran dalam. Bagian ini sering disebut membran utama. Fungsinya untuk membatasi stroma dan sitosol.

BACA:  Pengertian Buku Fiksi Meliputi Jenis dan Fungsinya

4. Tilakoid
Tilakoid adalah sistem membran yang terdiri dari kantung pipih. Tilakoid berfungsi sebagai pusat reaksi terang. Struktur kloroplas ini juga bertanggung jawab untuk menangkap sinar matahari selama fotosintesis.

5. Stroma
Stroma adalah cairan di luar tilakoid. Bagian ini berfungsi sebagai tempat berlangsungnya reaksi gelap dan menyimpan hasil fotosintesis berupa pati.

6. Grana
Grana adalah tumpukan, dibentuk dengan menggabungkan 2 hingga 100 tilakoid menjadi satu. Grana berkontribusi pada luas permukaan kloroplas yang besar. Mereka membantu menambah luas permukaan tilakoid ketika mereka diatur dan ditumpuk.

 

7. Ribosom
Ribosom adalah tempat sel membuat protein. Fungsi ribosom pada sel tumbuhan dan makhluk hidup lainnya adalah untuk membuat protein dan mensintesis protein di dalam sel.

BACA:  Alasan Soekarno Membentuk Partai Tunggal Pada Masa Awal Kemerdekaan

8. Plasmid DNA
Struktur kloroplas selanjutnya adalah DNA plasmid. Fungsi bagian ini adalah untuk meregenerasi kloroplas dan membantu pembelahan sel kloroplas.

9. Plastoglobula
Plastoglobula adalah senyawa kimia yang ditemukan dalam kloroplas sel tumbuhan.

10. Pati
Pati adalah bahan utama yang diproduksi tanaman untuk menyimpan kelebihan gula untuk jangka waktu yang lama.


Fungsi Kloroplas

Kloroplas memiliki dua fungsi, yaitu: Berperan dalam fotosintesis yaitu reaksi terang (fosforilasi dan fotolisis) dan reaksi gelap membentuk glukosa. Berperan dalam sintesis protein (sintesis kloroplas).

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian Kloroplas Meliputi Struktur dan Fungsinya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET