Pengertian Essay Meliputi Struktur dan Cara Menulis Essay

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian Essay Meliputi Struktur dan Cara Menulis Essay
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Essay
Beberapa Pengertian Esssay menurut para ahli adalah sebagai berikut:
1. Menurut Agus Widayoko M.Pd.,Gr. Essay merupakan usaha untuk mengumpulkan potongan-potongan ilmu yang didapatkan penulisnya selama belajar sehingga menjadi suatu bentuk yang utuh.

2. Menurut Widyamarta, essay merupakan usaha melahirkan pandangan tentang sebuah topik dengan bentuk yang pendek dan cara penuturan yang sebaik-baiknya.

3. Menurut Wijayanti bahwa esai merupakan karangan atau tulisan yang memuat argumen dan pandangan penulis mengenai suatu peristiwa di masyarakat.

Essay memiliki peran yang penting dalam mendorong pengembangan diri seorang pelajar, baik siswa maupun mahasiswa, karena dengan menulis essay penulisnya harus mengungkapkan pikiran serta alasannya dengan mengikuti kerangka yang tepat.

Struktur Essay
Sepanjang atau sependek apapun sebuah essay, strukturnya hanya terdiri dari tiga bagian saja, yakni:
1. Pembuka atau pendahuluan
Bagian pembukan merupakan latar belakang atau penggambaran situasi terbaru terkait topik yang akan dibahas, atau informasi menarik yang berhubungan dengan topiknya.

 
BACA:  Kenali Ciri-ciri dan Jenis Hewan Vertebrata

2. Isi atau inti
Bagian inti/isi essay memuat pengembangan ide utama yang disebutkan di bagian pembuka dengan cara menambahkan beberapa kalimat pendukung. Kalimat pendukung harus berisi informasi-informasi yang sesuai dengan topik utama dan bagian inti ditulis secara terstruktur dan logis.

3. Kesimpulan
Kesimpulan adalah bagian yang berisi tentang ringkasan pembahasan atau penguatan tentang topik yang telah disebutkan di bagian pembuka dan inti. Tujuannya agar pembaca tahu bahwa mereka sudah berada di akhir esai. Oleh karena itu, beberapa penulis kerap menggunakan kata transisi seperti “singkatnya”, “akhirnya”, dan sebagainya di bagian ini.

Cara Menulis Essay
Beberapa cara menulis Essay adalah sebagai berikut:

1. Memilih Topik
Sama seperti menulis makalah, diary, atau tulisan lainnya, langkah pertama dalam menulis essay adalah memilih topik terlebih dulu. Pilihlah topik yang spesifik, dekat dengan kehidupan sehari-hari, atau berdasarkan pengalaman agar terlihat menarik.

 
BACA:  Pengertian Kalimat Imperatif Meliputi Wujud dan Klasifikasinya

2. Mengumpulkan Materi
Saat membaca referensi akan didapatkan beberapa materi yang relevan dengan topik yang akan dibahas. Kumpulkan semua materi tersebut selengkap dan sejelas mungkin dan bisa juga dengan mencari data faktual tentang topik tersebut yang berguna untuk mendukung argumen pada materi.

3. Membuat Outline atau Draft
Setelah menentukan topik dan mengumpulkan materi, selanjutnya adalah tahap pembuatan outline atau draft. Tahap ini memberikan gambaran umum dari essay yang akan dibuat serta poin-poin yang akan ditulis.

4. Mulai Menulis Essay
Cara menulisnya bisa dimulai dari bagian pembuka/pendahuluan atau dimulai dari isi dulu. Jika telah mempunyai gambaran yang jelas tentang topik yang akan dibahas, sebaiknya mulai dari bagian pendahuluan terlebih dulu.

BACA:  Gejala Alam Kejadian Abiotik Pada Saat Gunung Meletus

5. Sunting Ulang Essay yang Sudah Ditulis
Jika semua bagian essay sudah ditulis, tinggalkan tulisan tersebut selama beberapa jam atau beberapa hari. Lupakan semua argumen, poin, dan informasi yang sudah ditulis. Setelah benar-benar lupa, baca ulang essay tersebut dari awal sampai akhir dengan cermat. Dengan cara ini, kamu akan bisa menilai kualitas essay tersebut secara objektif dan menyeluruh.

Untuk membantu  membaca essay secara cermat, berikut ini ada beberapa pertanyaan yang bisa ditanyakan pada diri sendiri:

  • Apakah essay yang saya tulis sudah lengkap semua bagian-bagiannya?
  • Apakah setiap paragraf dan argumen berhubungan satu sama lain dan relevan?
  • Apakah argumen-argumen saya seimbang?
  • Apakah contoh dan data yang ada sudah relevan dengan topik dan gagasan utama?

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian Essay Meliputi Struktur dan Cara Menulis Essay
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET