Pengertian dan Proses Menyublim beserta Contohnya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian dan Proses Menyublim beserta Contohnya
disimak baik-baik ya…

 

Sublimasi adalah perubahan suatu zat langsung dari wujud padat ke wujud gas, tanpa melalui wujud cair. Sublimasi adalah sebuah proses endotermik yang terjadi pada suhu dan tekanan di bawah titik tripel suatu zat dalam diagram fasenya, yang sesuai dengan tekanan terendah di mana zat tersebut dapat eksis sebagai cairan.

Istilah sublimasi mengacu pada perubahan fisika dari suatu wujud dan tidak digunakan untuk menggambarkan transformasi padat menjadi gas dalam reaksi kimia. Misalnya, disosiasi pada pemanasan amonium klorida padat menjadi hidrogen klorida dan amonia bukanlah sublimasi, tetapi reaksi kimia. Demikian pula, pembakaran lilin yang mengandung lilin parafin menjadi karbon dioksida dan uap air, bukanlah sublimasi, melainkan reaksi kimia dengan oksigen.

BACA:  Alasan Jepang Membentuk Pemerintahan Militer di 3 Kawasan : Sumatra, Jawa-Madura dan Indonesia Timur

Sublimasi disebabkan oleh penyerapan panas yang memberikan energi yang cukup bagi beberapa molekul untuk mengatasi gaya tarik menarik tetangga mereka dan lolos ke fase uap. Karena prosesnya membutuhkan energi tambahan, ia merupakan perubahan endotermik. Entalpi sublimasi (juga disebut panas sublimasi) dapat dihitung dengan menambahkan entalpi peleburan dan entalpi penguapan.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian dan Proses Menyublim beserta Contohnya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET