Mengenal Pengertian dan Jenis-Jenis Hujan dalam Kehidupan Manusia

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Mengenal Pengertian dan Jenis-Jenis Hujan dalam Kehidupan Manusian
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Hujan
Dalam istilah ilmiah pengeertian hujan adalah sebuah presipitasi berwujud cairan, berbeda dengan presipitasi non-cair seperti salju, batu es dan slit. Hujan memerlukan keberadaan lapisan atmosfer tebal agar dapat menemui suhu di atas titik leleh es di dekat dan di atas permukaan Bumi. Di Bumi, hujan adalah proses kondensasi uap air di atmosfer menjadi butir air yang cukup berat untuk jatuh dan biasanya tiba di daratan. Dua proses yang mungkin terjadi bersamaan dapat mendorong udara semakin jenuh menjelang hujan, yaitu pendinginan udara atau penambahan uap air ke udara.

BACA:  Pengertian, Jenis dan Contoh Majas Penegasan

Jenis-Jenis Hujan
Ada beberapa jenis hujan yang akan kita bahas di bawah ini yang terjadi berdasar proses terjadinya.

1. Hujan Frontal
Hujan frontal adalah jenis hujan yang terjadi karena adanya pertemuan antara massa udara hangat yang cukup besar dengan massa udara dingin yang cukup besar juga. Hujan frontal dapat dikatakan cukup berbahaya karena bisa menghasilkan petir secara bersamaan.

2. Hujan Konvektif

Hujan konvektif adalah proses hujan yang terjadi karena adanya ketidaksamaan panas antara lapisan udara dan permukaan tanah. Jenis hujan ini juga dikenal dengan hujan lebat. Adapun asal dari hujan ini adalah berasal dari awan konvektif, seperti awan cumulonimbus. Pada umumnya, hujan jenis ini, hanya berlangsung dalam waktu yang relatif singkat.

BACA:  Pengertian Teks Prosedur Meliputi Jenis, Struktur dan Ciri Kebahasaan

3. Hujan Orografis
Hujan orografis adalah jenis hujan yang terjadi karena gerakan lurus ke atas angin yang mengandung uap air. Angin mengambil jalan naik ke daerah tinggi di gunung, suhu udara menjadi dingin, sehingga terjadi pengembunan uap air yang kemudian hujan turun di sekitar pegunungan.

4. Hujan Muson
Hujan muson adalah hujan musiman yang disebabkan oleh muson. Di Indonesia, hujan karena angin muson timur yang menyebabkan angin dingin turun dari Oktober hingga April selama musim hujan. Angin musim dingin bertiup dari Australia ke Asia. Angin ini membawa awan dan hujan lebat karena sedang musim dingin di Australia.

 

5. Hujan Siklon
Hujan ini disebabkan oleh udara hangat, suhu lingkungan yang tinggi dan angin rotasi yang disebabkan oleh pertemuan angin pasat timur laut dan pasat tenggara.

BACA:  Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 33, Terkait Soal Jelaskan Makna Slogan

6. Hujan Asam
Hujan asam adalah jenis hujan yang terjadi karena karbon dioksida di udara (CO2) terlarut dalam air hujan. Hasil senyawa tersebut akan mengubah air menjadi lebih asam dengan pH lebih rendah dari biasanya, di bawah 5,6. Sementara itu, air hujan normal memiliki pH 6 hingga 7.

7. Hujan Buatan
Tidak seperti jenis lainnya, hujan ini buatan manusia dengan teknik menciptakan lebih banyak hujan. Biasanya dilakukan karena tidak pernah hujan atau untuk memadamkan api yang biasanya terjadi pada kebakaran hutan.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Mengenal Pengertian dan Jenis-Jenis Hujan dalam Kehidupan Manusia
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

 

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET