Pengertian Larutan dan Contohnya di Lingkungan Sekitar

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang pengertian larutan dan apa-apa saja contoh dari larutan itu sendiri yang sebenarnya sudah sering kalian temukan dalam kehidupan sehari-hari. Disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Larutan

Dalam pelajaran kimia, pengertian larutan adalah campuran homogen yang terdiri dari dua zat atau lebih.

Larutan terdiri atas zat terlarut dan zat pelarut.

Zat yang jumlahnya lebih sedikit disebut dengan dengan istilah solute atau zat terlarut. Zat yang jumlahnya lebih banyak pada larutan disebut dengan istilah solven atau zat pelarut.

Sifat Larutan
Sama seperti kita, ternyata larutan juga memiliki sifat loh, diantaranya :

 

1. Larutan merupakan campuran yang homogen. Jika tidak homogen atau memiliki endapan seperti contoh pada campuran pasir dengan air maka disebut sebagai suspensi, bukan larutan.

BACA:  4 Jenis Klasifikasi Usaha Industri Sesuai SK Menteri No. 19/M/1/1986

2. Antara partikel zat terlarut atau solute dengan partikel zat pelarut atau solven tidak bisa dibedakan baik menggunakan filtrasi atau zaringan karena telah menjadi larutan homogen.

3. Partikel suatu larutan berukuran sangat kecil, memiliki diameter kurang dari 1 (satu) nano meter sehingga tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

4. Komponen yang paling banyak di anggap sebagai pelarut, dengan komposisi di seluruh bagian adalah sama. Dalam bentuk cair, air dianggap sebagai pelarut.

Jenis Larutan dan Contohnya

 

Berdasarkan wujud pelarutnya, dapat digolongkan menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu :

1. Larutan Cair
Larutan ini adalah yang umum kita ketahui, dimana jenis larutan ini pelarutnya berwujud zat cair, contoh : larutan gula dengan air, larutan garam dengan air, dan lain sebagainya.

BACA:  Persentase Kemungkinan Lahir Anak Laki-laki Buta Warna Albino dari Pernikahan Wanita Normal dan Albino dengan Laki-laki Buta warna dan Karier Albino

2. Larutan Padat
Jenis larutan ini, pelarutnya berwujud zat padat, contoh : Emas 22 karat yang terdiri dari campuran emas dan perak.

3. Larutan Gas
Jenis larutan ini, pelarutnya berwujud zat gas, contoh : Udara yang kita hidup sehari-hari terdiri atas oksigen dan nitrogen.

Berdasarkan wujud zat terlarutnya, dapat digolongkan menjadi 2 (dua) jenis, yaitu :

1. Larutan Pekat
adalah larutan yang komposisi zat terlarutnya (solute) lebih banyak dibanding zat pelarutnya (solven), contoh : kopi hitam yang kental.

2. Larutan Encer
adalah larutan yang komposisi zat terlarutnya (solute) lebih sedikit dibanding zat pelarutnya (solven), contoh : face tonic, air mawar, astringent, dan sebagainya

Berdasarkan daya hantar listrik, dapat digolongkan menjadi 2 (dua) jenis, yaitu :

1. Larutan Elektrolit
adalah jenis larutan yang memiliki ion sehingga larutan bisa menghantarkan listrik, contoh : larutan HCl, larutan NaCl, dan larutan Asam Asetat.

BACA:  Mengenal Apa itu Komet Meliputi Asal Usul dan Bagian-Bagiannya

2. Larutan Non Elektrolit
adalah jenis larutan ini tidak memiliki ion sehingga tidak bisa menghantarkan listrik, contoh : larutan gula, larutan alkohol, dan larutan urea.

Nah demikian pembahasan kita kali ini tentang larutan, jika masih ada yang belum jelas atau ada yang ingin di tanyakan kembali, silahkan comment di kolom komentar ya,,,

Semangat Belajar, Good Luck.

BACA JUGA:

© 2024 GURULESPRIVAT.NET