Mengenal Pengertian, Fungsi dan Lapisan Atmosfer

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Mengenal Pengertian, Fungsi dan Lapisan Atmosfer
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Atmosfer
Atmosfer berasal dari bahasa Yunani yaitu Atmos yang berarti Uap air atau gas dan Sphaira yang berarti selimut, sehingga pengertian Atmosfer adalah lapisan gas yang menyelimuti sebuah planet. Bukan hanya planet bumi yang memiliki atmosfer, planet lain pun ada yang memiliki atmosfer. Atmosfer bumi memiliki ketebalan kurang lebih 1.000 km dari permukaan bumi serta juga bermassa 59 x 1014 ton dan berjarak kurang lebih 500 km dari permukaan bumi. Unsur-unsur gas yang menyusun atmosfer yang utama adalah oksigen dan nitrogen. Kadar oksigen di atmosfer 20% sedangkan nitrogen 78%.

Fungsi Armosfer

Atmosfer memiliki fungsi, beberapa diantaranta adalah:
1. Atmosfer berfungsi mengatur proses penerimaan panas sinar matahari
2. Menjaga agar grafitasi bumi tetap stabil.
3. Mengurangi rasa panas yang diberikan langsung oleh cahaya matahari.
4. Penyeimbang dan penyeimbang keadaan di dalam dan di luar bumi.
5. Melindungi bumi dari serangan meteor-meteor atau benda-benda luar angkasa.
6. Pelindung bumi, agar suhu bumi tetap stabil dan menjaga agar cuaca dan kelembaban udara di dalam bumi juga tetap stabil.

Lapisan-Lapisan Atmosfer

Terdapat lima lapisan atmosfer yang menyelimuti bumi yakni troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer (ionosfer), dan eksosfer. Berikut penjelasan singkatnya.

1. Troposfer

Lapisan troposfer terletak pada ketinggian 0 sampai 12 kilo meter diatas permukaan bumi. Troposfer merupakan lapisan paling dasar yang dekat dengan bumi maka dari troposfer berfungsi menjaga kestabilan udara di bumi. Manusia pada lapisan traposfer masih memungkinkan untuk bernapas, sehingga tidak heran kita lihat para pendaki gunung masih bisa bertahan pada lapisan ini.

BACA:  Mengetahui Siklus Daur Hidup Katak dari Telur hingga Dewasa

2. Stratosfer
Lapisan stratosfer bersuhu dingin dan hanya ditempai oleh ozon. Lapisan statosfer berfungsi sebagai pelindung dari gelombang radiasi ultraviolet yang sangat membahayakan jika terkena kulit manusia.

3. Mesosfer
Lapisan ini ada pada ketinggian 50 kilometer sampai dengan 75 kilometer di atas permukaan Bumi. Lapisan ketiga dari atmosfer ini terjadi penurunan suhu yang cukup signifikan setiap bertambahnya ketinggian.

4. Termosfer (Ionosfer)
Lapisan termosfer adalah lapisan dimana terjadinya ionisasi partikel-partikel sehingga akan memberikan efek pada perambatan atau pemantulan gelombang radio, baik itu gelombang radio dengan frekuensi rendah maupun tinggi. Lapisan termosfer terletak pada ketinggian 80 kilometer sampai 100 kilometer.

5. Eksosfer
Lapisan eksosfer adalah lapisan terakhir yang menyelimuti bumi dengan jarak di atas 800 kilometer sampai dengan 3260 kilo meter. Pada lapisan ini terjadi berbagai interaksi antara gas yang ada di luar angkasa. Sangat sedikit ditemukan gas pada lapisan eksosfer. Munculnya cahaya redup pada lapisan ini disebabkan karena unsur hidrogen sangat sedikit. Cahaya redup ini dikenal dengan cahaya zodiakal dan gegenscherin.

 
BACA:  Bahaya dan Dampak Negatif yang ditimbulkan oleh Ganja

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Mengenal Pengertian, Fungsi dan Lapisan Atmosfer
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

 

sumber:kemdikbud.go.id

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET