Perbedaan Rantai Makanan, Jaring-Jaring Makanan Dengan Piramida Makanan

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Perbedaan Rantai Makanan, Jaring-Jaring Makanan Dengan Piramida Makanan
disimak baik-baik ya…

 

Rantai makanan
Rantai makanan adalah jalur pemindahan (transfer) energi dari satu tingkat trofik ke tingkat trofik berikutnya melalui peristiwa makan dan dimakan. Semakin pendek rantai makanan, semakin besar energi yang dapat disimpan oleh organisme di ujung rantai makanan.

Rantai makanan adalah peristiwa makan dan dimakan antara makhluk hidup dengan urutan tertentu. Dalam rantai makanan ada makhluk hidup yang berperan sebagai konsumen, dan produsen.
Konsumen yaitu makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanan sendiri. Konsumen tergantung pada makhluk hidup lain. Contohnya manusia dan hewan.
Produsen adalah makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri. Contohnya tumbuhan hijau.

BACA:  Ciri-Ciri Tumbuhan Xerofit yang Hidup di Daerah Kering

Rantai makanan adalah peristiwa makan dan dimakan dalam ekosistem.
Urutan alur makanan:
Produsen ⇒ konsumen primer ⇒ konsumen sekunder ⇒ konsumen tersier ⇒ pengurai (dekomposer)

Jaring-jaring makanan
Jaring-jaring makanan merupakan gabungan dari berbagai rantai makanan yang saling berhubungan dan kompleks. Di dalam suatu ekosistem, sebuah rantai makanan saling berkaitan dengan rantai makanan lainnya. Semakin kompleks jaring-jaring makanan yang terbentuk, semakin tinggi tingkat kestabilan suatu ekosistem.

Jaring-jaring makanan adalah rantai-rantai makanan yang saling tumpang tindih di dalam ekosistem.

 

Jaring- jaring makanan saling berhubungan satu sama lain sedemikian rupa sehingga membentuk seperi jaring-jaring. Jaring-jaring makanan terjadi karena setiap jenis makhluk hidup tidak hanya memakan satu jenis makhluk hidup lainnya.

BACA:  Pengertian, Akibat dan Manfaat Rotasi Bumi

Piramida makanan
Piramida makanan atau piramida ekologi adalah sebuah diagram yang menunjukkan jumlah relatif dari energi atau bahan yang terkandung dalam setiap tingkat trofik dalam rantai makanan atau jaring makanan.

Piramida makanan adalah suatu piramida yang menggambarkan perbandingan komposisi jumlah biomassa dan energi dari produsen sampai konsumen puncak dalam suatu ekosistem. Komposisi biomassa terbesar terdapat pada produsen yang menempati dasar piramida. Demikian pula jumlah energi terbesar terdapat pada dasar piramida. Komposisi biomassa dan energi ini semakin ke atas semakin kecil karena selama proses perpindahan energi terjadi penyusutan jumlah energi pada setiap tingkat trofik.

Piramida makanan adalah bentuk piramida yang menggambarkan perbandingan biomassa dan energi dari produsen sampai konsumen tertinggi dalam suatu ekosistem.

 
BACA:  Mengenal Asteroid Dalam Sistem Tatasurya dan Metode Historisnya

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Perbedaan Rantai Makanan, Jaring-Jaring Makanan Dengan Piramida Makanan
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2024 GURULESPRIVAT.NET