Mengenal Jalur Sirkum Pasifik dan Dampak yang Ditimbulkannya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Mengenal Jalur Sirkum Pasifik dan Dampak yang Ditimbulkannya
disimak baik-baik ya…

Pengertian Sirkum Fasifik

Bumi terdiri dari 2 pegunungan utama, dan dari pegunungan utam tersebut akan membentuk barisan pegunungan-pegunungan besar. Kedua barisan pegunungan tersebut adalah Sirkum Pasifik yang mencakup wilayah Asia-Pasifik, lalu Sirkum Mediterania yang mencakup wilayah Asia-Eropa.

 

Sirkum fasifik adalah jalur pegunungan yang membentang dari Pegunungan Andes di Amerika Selatan, menuju Pegunungan Rocky di Amerika Utara, lalu menuju ke Jepang dan juga melewati negara-negara di Asia Tenggara seperti Filipina, dan Indonesia yang melewati Sulawesi dan bercabang menuju ke Pulau Halmahera hingga Papua.

BACA:  Klasifikasi dan Manfaat Kalsium Bagi Manusia

Sirkum Pasifik bersifat non vulkanik, sedangkan busur luar Sirkum Pasifik bersifat vulkanik. Sepanjang dua jalur pegunungan ini ada banyak gunung api yang siap meletus dengan intensitas gejala vulkanik.

Negara-Negara yang dilalui Oleh Sirkum Pasifik
Berikut jalur pegunungan yang dilalui sirkum Pasifik. Ada Gunung Andes, Gunung Ojos del Salado, Gunung St. Helens, Gunung Fuji, Gunung Lokon, Gunung Pinatubo, Gunung Aconcagua, Gunung Denali, dan Gunung Ruapehu.

Ada beberapa negara yang dilewati sirkum Pasifik, yaitu Selandia Baru, Jepang, Taiwan, Amerika Serikat, Canada, Mexico, Chile, Peru, Ecuador, Costa Rico, Guatemala, dan Nicaragua. Di Asia tenggara sendiri ada dua negara yang dilewati oleh sirkum fasifik yaitu Indonesia dan Filipina.

BACA:  Pengertia Polimer dan Kegunaannya dalam Kehidupan Manusia

Dampak positif Jalur Sirkum Pasifik
Dampak positif bagi negara-negara yang dilalui Jalur Sirkum Pasifik adalah sebagai berikut:
1. Tanah relatif subur Jalur pegunungan Sirkum Pasifik menyebabkan negara yang dilewatinya memiliki tanah subur, karena ada banyak gunung api.
2. Abu vulkanik bisa menyuburkan tanaman
Gunung akan mengeluarkan abu vulkanik ketika meletus yang dapat menyuburkan tanaman di sekitar wilayah tersebut.

 

Dampak Negatif Jalur Sirkum Pasifik
Dampak Negatif bagi negara-negara yang dilalui Jalur Sirkum Pasifik adalah sebagai berikut:
1. Sering terjadi bencana Alam
Salah satu dampak negatif dari jalur Sirkum Pasifik adalah terjadinya bencana alam, yang berhubungan dengan gunung, seperti gunung meletus dan gempa.
2. Gas Berbahaya Ketika Gunung Meletus
Bukan hanya sering terjadi bencana alam, negara-negara yang dilewati jalur Sirkum Pasifik juga terancam gas berbahaya yang muncul ketika gunung berapi meletus.

BACA:  Mengenal Pengertian dan Sifat Benda Cair

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Mengenal Jalur Sirkum Pasifik dan Dampak yang Ditimbulkannya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2024 GURULESPRIVAT.NET