Bagaimana Proses Terbentuknya Benua

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Bagaimana Proses Terbentuknya Benua
disimak baik-baik ya…

Pengertian Benua

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), benua adalah bagian bumi berupa tanah atau daratan yang sangat luas sehingga bagian tengah benua itu tidak mendapat pengaruh langsung dari angin laut.

 

Benua atau kontinen adalah beberapa daratan yang memiliki wilayah yang sangat luas yang berada di permukaan bumi. Benua dikelompokkan berdasarkan konvensi (kesepakatan) dibandingkan standar baku. Benua terbagi menjadi tujuh wilayah yang umum dianggap sebagai benua, yaitu Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Antarktika, Eropa, dan Australia.

Menurut kamus Oxford, benua merupakan salah satu daratan besar bumi, seperti Eropa, Asia, atau Afrika. Dilansir dari Ensiklopedia Britannica, pengertian benua adalah daratan besar yang terbentuk akibat pecahnya superbenua atau Pangea.

Proses Terbentuknya Benua

Bumi pada awalnya hanya terdapat satu benua yang maha besar atau disebut Pangea serta satu lautan yang sangat luas atau disebut Panthalessa. Pangea tersebut kemudian terpecah menjadi benua, lalu pecahan benua terus bergeser ke arah barat disebabkan gerakan rotasi bumi yang sentrifugal.

BACA:  Jawaban Buku Paket Bhs. Indonesia Kelas 12 SMA Hal. 39

Proses terbentuknya benua berasal dari teori dari Alfred Wagener. Teori Wagener ini disebut juga dengan Teori Pergeseran Benua atau Continental Drift Theory. Menurut teori ini, proses terbentuknya benua sebagai berikut:

1. Sekitar kurang lebih 300 juta tahun yang lalu di Bumi ini hanya ada datu daratan yang sangat besar yang disebut dengan Pangea atau Benua Pangea.
2. Seiring berjalannya waktu, oleh karena gerak lempeng Bumi dan faktor- faktor lain, benua Pangea terpecah menjadi dua yang dinamakan Laurasia yakni bagian sebelah Utara dan Gondwana yang merupakan bagian sebelah selatan. Proses terpecahnya benua Pangea ini terjadi sekitar 135 juta tahun yang lalu.
3. Benua Laurasia terus bergerak ke arah utara menjauhi Gondwana dan sekarang menjadi benua Amerika Utara.
4. Sementara benua Gondwana terpecah menjadi beberapa benua, antara lain:
– Bagian barat terus bergeser ke arah barat membentuk Amerika Selatan
– Bagian timur terus bergeser ke timur membentuk benua Afrika
– Bagian kecil yang ada di timur terus bergeser ke arah timur laut membentuk India.
– Satu bagian lagi terpecah menjadi dua, yang satu terus bergerak ke timur laut dan yang satu lagi terus bergerak ke aras selatan.
5. Benua- benua ini masih tetap bergerak dan Amerika Utara bergabung menjadi satu dengan Amerika Selatan.
6. Bagian Eurasia membentuk benua Eropa dan juga Asia.
7. Sementara pecahan yang bergerak ke arah selatan tadi terus saja ke arah selatan membentuk benua Antartika.
8. Lalu pecahan yang megarah ke timur laut ini membentuk benua Australia.

BACA:  Pengertian dan Rumus Gaya Lorentz

Hal – hal yang mendukung teori pembentukan benua ini adalah adanya kesamaan garis pantai antara Afrika Bagian Barat dengan Amerika Selatan bagian timur, serta terdapat kesamaan fosil di daerah sisi benua tersebut, yakni fosil Mesosaurus.

 

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Bagaimana Proses Terbentuknya Benua
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET