Pengertian dan Fungsi dari Tinjauan Pustaka

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian dan Fungsi dari Tinjauan Pustaka
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Tinjauan Pustaka
Tinjauan pustaka berasal dari kata tinjauan yang berarti hasil dari tindakan meninjau dan pustaka adalah buku, literatur atau lainnya. Tinjauan Pustaka adalah melakukan peninjauan ulang terhadap pustaka terkait yang sudah ada sebelumnya.

Menurut Para ahli, pengertian dari tinjauan pustaka adalah sebagai berikut:
1. Gandas
Menurut Gandas, tinjauan pustaka adalah sebuah bab khusus yang membahas kajian dan teori-teori yang berkaitan dengan topik yang dibicarakan dengan tujuan menghasilkan hipotesis atau menguji kebenaran teori dalam penelitian tersebut.

2. Eki Meliansyah
Menurut Eki Meliansyah, tinjauan pustaka adalah sebuah rangkaian aktivitas yang mencari, membaca, dan menelaah laporan-laporan penelitian yang relevan dengan penelitian yang akan kita lakukan.

BACA:  Menentukan Jumlah Anak yang Hidup dan Anak yang Mati dari Seorang Perempuan Dengan Genotip XhX Pembawa Sifat Hemofilia, Menikah Dengan Seorang Laki-laki Hemofilia Dengan Genotip XhY

3. Leedy
Menurut Leedy, tinjauan pustaka adalah penjelasan ulang yang berisikan pernyataan peneliti sebelumnya mengenai penelitian serupa yang akan dilakukan.

4. Cooper
Cooper menjelaskan bahwa tinjauan pustaka memiliki beberapa bentuk. Pertama, peninjauan ulang terhadap pustaka yang telah ada sebelumnya untuk menggabungkan apa yang sudah dinyatakan dan dilakukan oleh orang lain. Kedua, peninjauan ulang yang dilakukan untuk mengkritisi pustaka-pustaka yang telah ada sebelumnya. Ketiga, peninjauan ulang untuk menjembatani satu topik dengan topik lainnya. Keempat, peninjauan pustaka untuk mengidentifikasi isu-isu sentral pada bidang tertentu.

 


Fungsi Tinjauan Pustaka

Beberapa fungsi dari tinjuan pustaka adalah sebagao berikut:
1. Membantu verifikasi masalah yang harus diteliti sekaligus menunjukkan kepada peneliti mengenai urgensinya mengetahui rumusan masalah atau hipotesis yang akan dibahas dalam penelitiannya. Dengan demikian, peneliti memahami sejarah permasalahan.
2. Memberikan uraian dan mempertimbangkan variabel apa saja yang akan digunakan, sehingga tujuan peneliti dapat tercapai. Dengan demikian, penelitian dilakukan dengan fokusan tertentu dan tidak bias.
3. Memberikan pemahaman yang lebih dalam kepada peneliti mengenai topik yang menjadi bahan penelitiannya. Dengan demikian, peneliti dapat melihat tema penelitian dengan penilaian yang lebih objektif.
4. Memberikan batasan penelitian dengan memberikan petunjuk mengenai variabel bebas dan tidak bebas.
5. Membantu peneliti untuk menganalisa data yang telah dikumpulkan dalam penelitian.
6. Memberikan referensi kepada peneliti untuk menafsirkan metode penelitian.
7. Memberikan argumen kepada peneliti untuk menyimpulkan bahwa hasil penelitian sudah sesuai dengan tujuan penelitian.
8. Membantu peneliti untuk menemukan kelebihan dan kekurangan dari penelitian yang telah dilakukan peneliti-peneliti sebelumnya.

BACA:  Mengenal Nama-Nama Virus dan Penyakit yang Ditimbulkan Pada Manusia

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian dan Fungsi dari Tinjauan Pustaka
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET