Mengapa Revolusi Industri Menghasilkan Paham Ekonomi Kapitalisme

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:

 

Mengapa Revolusi Industri Menghasilkan Paham Ekonomi Kapitalisme

disimak baik-baik ya…

Sejarah Revolusi Industri
Revolusi Industri adalah perubahan besar, secara cepat, dan juga radikal yang memengaruhi kehidupan corak manusia sering disebut revolusi. Istilah revolusi biasanya digunakan dalam melihat perubahan politik atau sistem pemerintahan.

Revolusi Industri terjadi pada periode antara tahun 1760-1850 di mana terjadinya perubahan secara besar-besaran di bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi, dan teknologi serta memiliki dampak yang mendalam terhadap kondisi sosial, ekonomi, dan budaya di dunia.

Revolusi industri adalah masa dimana pekerjaan manusia di berbagai bidang mulai digantikan oleh mesin. Revolusi Industri dimulai dari Britania Raya dan kemudian menyebar ke seluruh Eropa Barat, Amerika Utara, Jepang, dan menyebar ke seluruh dunia.

 

Revolusi Industri di Inggris pada hakikatnya adalah perubahan dalam cara pembuatan barang-barang yang semula dikerjakan dengan tangan (tenaga manusia) kemudian digantikan dengan tenaga mesin. Dengan demikian, barang-barang dapat dihasilkan dalam jumlah banyak dengan waktu yang relatif singkat.

BACA:  Palung Mariana: Fakta, Letak dan Kedalaman

Latar Belakang Revolusi Industri
Revolusi Industri untuk kali pertamanya muncul di Inggris, dilatar belakangi oleh beberapa faktor, sebagai berikut :
1. Situasi politik yang stabil. Adanya Revolusi Agung tahun 1688 yang mengharuskan raja bersumpah setia kepada Bill of Right sehingga raja tunduk kepada undang-undang dan hanya menarik pajak berdasarkan atas persetujuan parlemen.
2. Inggris kaya bahan tambang, seperti batu bara, biji besi, timah, dan kaolin. Di samping itu, wol juga sangat menunjang industri tekstil.
3. Adanya penemuan baru di bidang teknologi yang dapat mempermudah cara kerja dan meningkatkan hasil produksi, misalnya alat-alat pemintal, mesin tenun, mesin uap, dan sebagainya.
4. Kemakmuran Inggris akibat majunya pelayaran dan perdagangan sehingga dapat menyediakan modal yang besar untuk bidang usaha.
5. Pemerintah memberikan perlindungan hukum terhadap hasil-hasil penemuan baru (hak paten) sehingga mendorong kegiatan penelitian ilmiah.
6. Arus urbanisasi yang besar akibat Revolusi Agraria di pedesaan mendorong pemerintah Inggris untuk membuka industri yang lebih banyak agar dapat menampung mereka.

BACA:  Latar Belakang dan Isi Dekret Presiden 5 Juli 1959

Pengertian Paham Ekonomi Kapitalisme
Sistem ekonomi kapitalis adalah sistem yang memberikan kebebasan penuh pada semua orang untuk melakukan kegiatan ekonomi untuk memperoleh keuntungan. Setiap individu memiliki hak penuh untuk mengambil manfaat atas harta atau kekayaannya sebagai alat produksi dan berusaha.

Sistem ekonomi kapitalis mempunyai konsep keadilan versinya sendiri. Keadilan yang dimaksud adalah semua orang berhak menerima imbalan berdasarkan prestasi kerja. Dalam sistem ekonomi kapitalis, aset modal—seperti pabrik, tambang, dan jalur distribusi, dapat dimiliki dan dikendalikan secara pribadi, tenaga kerja dibeli dengan upah uang, keuntungan modal diperoleh pemilik swasta, dan harga ditentukan oleh permintaan dan penawaran.

 

Revolusi Industri Menghasilkan Paham Ekonomi Kapitalisme

BACA:  Sifat-Sifat Perjuangan Pada Masa Pergerakan Nasional

Berkembangnya teknologi pada masa revolusi industri menyebabkan lahirnya pabrik-pabrik yang mampu memproduksi barang secara lebih cepat dan lebih banyak. Pada keadaan yang dinamis inilah diperlukan modal yang besar dalam mengelola roda perekonomian.

Dengan semangat kebebasan untuk berusaha dan adanya fasilitas seperti pabrik dan alat-alat produksi, maka lahirlah paham ekonomi kapitalisme yang memberikan kebebasan penuh pada semua orang untuk melakukan kegiatan ekonomi untuk memperoleh keuntungan.

Setiap individu memiliki hak penuh untuk mengambil manfaat atas harta atau kekayaannya sebagai alat produksi dan berusaha.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal

Mengapa Revolusi Industri Menghasilkan Paham Ekonomi Kapitalisme

Jika masih ada yang belum jelas atau ada yang ingin di tanyakan kembali, silahkan comment di kolom komentar ya…

Semangat Belajar, Good Luck.


Referensi : Wikipedia.org ; Kompas.com

BACA JUGA:

© 2024 GURULESPRIVAT.NET