Penerapan Teknik Fusi Protoplasma Untuk Menghasilkan Produk Bermanfaat Bagi Manusia

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Penerapan Teknik Fusi Protoplasma Untuk Menghasilkan Produk Bermanfaat Bagi Manusia
disimak baik-baik ya…

Sejarah Fusi Protoplasma
Fusi Protoplasma adalah salah satu macam-macam dari Bioteknologi. Bioteknologi adalah pemanfaatan organisme/mahkluk hidup yang dilaksanakan secara terpadu dan bertujuan untuk meningkatkan nilai guna suatu barang untuk kesejahteraan manusia.

 

Pengertian Fusi Protoplasma
Fusi protoplas adalah salah satu metode persilangan atau hibridisasi tanaman dengan memanfaatkan rekayasa genetika konvensional. Protoplas adalah sel tanaman tanpa bagian dinding sel. Teknik fusi protoplas dapat digunakan untuk mencampur sifat genetik dari spesies tanaman yang sama ataupun dari spesies yang berbeda.

BACA:  Mengenal Teori Asam Basa Bronsted dan Lowry

Fusi protoplasma adalah salah satu jenis dari bioteknologi yang menggabungkan dua sel dari jaringan yang sama atau dua sel dari organisme yang berbeda dalam suatu medan listrik. Prinsip ini dapat dilakukan pada sel tumbuhan maupun sel hewan.

Istilah protoplasma itu pertama kali diperkenalkan oleh Hanstein pada tahun 1880, yang dimaksud dengan istilah tersebut adalah sel tumbuhan yang telah dipisahkan dari dinding selnya atau sel tumbuhan telanjang tanpa dibungkus oleh dinding sel. Protoplas dapat dimanfaatkan untuk mendukung penelitian dasar biologi tanaman dan merupakan sarana penting di bidang rekayasa genetik, misalnya untuk hibridisasi somatik untuk meningkatkan kualitas tanaman.

Fungsi Fusi Protoplasma
1. Fusi protoplasma pada sel hewan dan manusia sangat berguna terutama untuk menghasilkan hibridoma. Hibridoma merupakan hasil fusi yang terjadi antara sel pembentuk antibody dan sel mieloma. Sel pembentuk antibodi ini adalah sel limfosit B, sedangkan sel mieloma sendiri merupakan sel kanker.

BACA:  Mengetahui Cara Menentukan Kutub Elektromagnet

2. Teknik fusi protoplas dapat digunakan untuk mencampur sifat genetik dari spesies tanaman yang sama ataupun dari spesies yang berbeda. Teknik ini menguntungkan untuk diterapkan dalam persilangan tanaman steril ataupun tanaman dengan siklus hidup yang panjang dan juga dapat dilakukan untuk mendapatkan sifat-sifat tertentu seperti sifat ketahanan terhadap hama dan penyakit serta cekaman abiotik.

 

3. Fusi sel manusia dan tikus untuk menghasilkan antibodi untuk pengobatan kanker dan Fusi sel tomat dan kentang menghasilakan tanaman baru Pomato (Potato-Tomato) yang berbuah tomat dan berumbi kentang.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Penerapan Teknik Fusi Protoplasma Untuk Menghasilkan Produk Bermanfaat Bagi Manusia
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET