Pengertian dan Macam-Macam Gerak dalam Ilmu Fisika

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian dan Macam-Macam Gerak dalam Ilmu Fisika
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Gerak
Dalam ilmu fisika, gerak didefinisikan sebagai perubahan tempat atau kedudukan baik hanya sekali maupun berkali-kali, Gerak bisa maju bisa mundur, dan bisa maju mundur. Gerak juga bisa naik dan turun, bisa juga naik turun.

Dikutip dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan -Kemendikbud, gerak dirumuskan sebagai perpindahan posisi benda dari asalnya karena adanya gaya. Perpindahan benda ini sifatnya bebas dan tidak terikat.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gerak merupakan peralihan tempat atau kedudukan, baik hanya sekali maupun berkali-kali. Artimya benda dapat berpindah tempat karena gerak.

Menurut Schmidt (1991), Gerak merupakan serangkaian proses yang berhubungan dengan latihan atau pengalaman. Dampaknya mengarah pada perubahan-perubahan yang bersifat tetap pada kemampuan seseorang untuk menunjukkan gerakan yang terampil.

BACA:  Peran dan Fungsi Keragaman Sosial, Budaya dan Religi Dalam Kehidupan Sosial

Gerakan pada sebuah benda umumnya dipengaruhi oleh dua jenis energi, yakni Energi Potensial dan Energi kinetik. Berdasarkan perubahannya gerak dapat dibagi menjadi dua jenis, gerak osilasi dan tidak berosilasi.

 

Macam-macam Gerak
Dalam ilmu fisika terdapat beberapa macam gerak, yakni sebgai berikut:
1. Gerak Translasi
Gerak translasi merupakan gerak yang berhubungan dengan perpindahan suatu benda dari tempat satu ke tempat lainnya.

2. Gerak Semu
Gerak semu merupakan suatu gerak pada benda yang sebetulnya ada pada kondisi diam, namun tampak seolah-olah bergerak. Gerak semu terlihat dari mata pengamat yang posisinya sedang berada di tempat yang bergerak dan dengan kecepatan yang tinggi.

3. Gerak Rotasi

Gerak rotasi disebut juga dengan gerak putar, merupakan gerak yang terjadi pada suatu benda. Setiap partikel atau titik pada benda tersebut memiliki jarak yang konstan terhadap sumbu tertentu.

BACA:  Peranan Kingdom Plantae yang Menguntungkan dan Merugikan Manusia

4.Gerak Relatif
Gerak relatif ialah gerak yang terjadi pada suatu benda yang tampak bergerak jika diamati dari titik acuan tertentu. Akan tetapi kondisinya akan berbeda jika diamati pada titik acuan lainnya. Gerak relatif hampir mirip dengan gerak semu, kondisi yang sesungguhnya adalah benda tidak bergerak.

5.Gerak Lurus Beraturan
Gerak lurus beraturan terjadi pada suatu benda yang berada pada lintasan yang lurus dengan kecepatan tetap.

6. Gerak Lurus Berubah Beraturan

Gerak lurus berubah beraturan tidak banyak berbeda dengan gerak lurus beraturan. Hanya terdapat satu perbedaan yaitu pada kecepatanya, GLBB memiliki kecepatan yang berubah-ubah namun tetap beraturan.

 

7. Gerak Menggelinding
Gerak menggelinding terjadi pada suatu benda yang mengalami dua gerakan sekaligus. Gerakan tersebut diantaranya rotasi terhadap sumbu bola serta translasi bidang yang dilalui.

BACA:  Pengertian Logam transisi dan Unsur Logam transisi dalam Ilmu Kimia

8. Gerak Pengaruh Gravitasi
Jenis gerak ini adalah gerak yang dipengaruhi oleh gaya gravitasi atau gaya tarik bumi. Gaya gravitasi merupakan salah satu gaya dalam fisika yang menyebabkan benda jatuh dari ketinggian tertentu.

9. Gerak Parabola

Gerak parabola merupakan gerak yang terjadi pada suatu benda dengan membentuk lintasan setengah lingkaran atau parabola.

10. Gerak Melingkar
Gerak melingkar sesuai dengan namanya, merupakan gerak yang terjadi pada suatu benda dengan lintasan lingkaran. Lingkaran tersebut mengelilingi suatu titik tetap yang disebut juga dengan sumbu putar.

11. Gerak Ganda

Gerak ganda adalah gerak yang terjadi pada suatu benda lebih dari satu gerak secara bersamaan.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian dan Macam-Macam Gerak dalam Ilmu Fisika
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2023 GURULESPRIVAT.NET