Dampak Negatif Penggunaan Insulin Hasil Rekayasa Genetika Pada Penderita Diabetes Melitus

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Dampak Negatif Penggunaan Insulin Hasil Rekayasa Genetika Pada Penderita Diabetes Melitus
disimak baik-baik ya…

Pengertian Diabetes Melitus

 

Diabetes Melitus atau DM adalah suatu penyakit yang merupakan gangguan metabolisme kronis dengan multi etiologi yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein sebagai akibat insufisiensi fungsi insulin. Insufisiensi fungsi insulin dapat disebabkan oleh gangguan atau defisiensi produksi insulin oleh sel-sel beta Langerhans kelenjar pankreas, atau disebabkan oleh kurang responsifnya sel-sel tubuh terhadap insulin.

Penggunaan Insulin untuk Penderita Diabetes Melitus

Suntik insulin adalah salah satu cara terbaik untuk membantu mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil. Meski begitu, insulin juga memiliki potensi efek samping. Efek samping suntik insulin bisa berkisar dari ringan sampai berat hingga membutuhkan penanganan darurat.

BACA:  Arti Penting Penemuan Yupa dari Kerajaan Kutai Terhadap Sejarah Indonesia

Insulin merupakan hormon alami yang diproduksi tubuh untuk mengubah glukosa (gula) dalam tubuh menjadi energi. Pada orang sehat, hormon insulin bisa diproduksi secara alami. Namun, pada orang diabetes, produksi insulin tidak mencukupi atau bahkan tidak ada sama sekali.

Akibatnya, diperlukan insulin tambahan yang dihasilkan melalui rekayasa genetika, hasil insulin tersebut kemudian disuntikkan ke tubuh. Suntik insulin berperan penting untuk membantu menstabilkan gula darah dan mengendalikan gejala diabetes. Namun, jika tidak digunakan dalam dosis dan waktu yang tepat, suntik insulin berpotensi menyebabkan efek samping.

Dampak Negatif Penggunaan Insulin Hasil Rekayasa Genetika Pada Penderita Diabetes Melitus

 

Bioteknologi merupakan teknologi yang memanfaatkan organisme atau bagian-bagiannya untuk mendapatkan barang dan jasa dalam skala industri untuk memenuhi kebutuhan manusia. Salah satu contonya adalah hormon insulin yang berperan di bidang kesehatan.

BACA:  Pengertian Rangkaian Seri Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Hormon insulin berfungsi mengatur kadar gula darah dalam darah. Apabila terjadi kekurangan hormon insulin, tubuh akan menderita penyakit diabetes melitus. Selain itu, hormon insulin memiliki dampak positif yaitu produk yang dihasilkan memiliki nilai jual rendah dan mudah diperoleh masyarakat dan dampak negatif.

Beberapa efek samping suntik insulin yang mungkin terjadi pada penderita Diabetes Melitus, di antaranya:
1. Reaksi alergi
2. Lipodistrofi
3. Hipoglikemia
4. Kenaikan berat badan
5. Resistensi insulin
6. Overdosis insulin

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Dampak Negatif Penggunaan Insulin Hasil Rekayasa Genetika Pada Penderita Diabetes Melitus
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

 

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET